Inilah 7 Faktor Keberhasilan Wirausaha Sukses, yang Wajib Anda Ketahui

Faktor Keberhasilan Wirausaha – Saat ini menjadi wirausaha menjadi dambaan banyak kaum muda khususnya generasi milenial sekarang. Apalagi didukung oleh berbagai bentuk sarana dari teknologi yang tentunya memudahkan dalam berwirausaha, berwirausaha menjadi cara terbaik untuk dapat survive atau bertahan hidup apalagi di masa tatanan dunia baru (new normal) seperti sekarang ini. Sayangnya untuk menjadi wirausaha itu tidaklah mudah, banyak faktor keberhasilan wirausaha yang dibutuhkan, agar tetap bisa eksis dan bertahan dengan adanya hambatan saat merintis usaha.

Karena wirausaha adalah dunia yang dinamis, Anda tidak akan bisa sukses hanya dengan modal uang saja. Adaptasi ,inovasi, dan tentunya sikap pengusaha itu sendiri perlu dipikirkan untuk meningkatkan daya jual usaha Anda. 

Banyak pengusaha yang gagal karena cuma bermodalkan uang saja. Mereka pikir, dengan banyak uang, bisa membuat usaha bakalan sukses. Padahal, tidak semudah itu. Banyak uang tapi tidak ada kreativitas, ya akhirnya produk yang dijual hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. 

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan wirausaha yang bisa Anda pelajari.

Faktor keberhasilan wirausaha

7 Faktor Keberhasilan Wirausaha

1.  Perencanaan yang matang

Saat memulai sebuah usaha sendiri, seorang wirausahawan perlu membuat banyak perencanaan atau planning. Tidak ada istilah  “gimana nanti” dalam kamus seorang wirausaha sukses. Jadi, pemikiran “gimana nanti” itu harus Anda buang jauh-jauh.  Perencanaan ini bahkan bisa dikatakan sebagai hal yang penting saat memulai dan menjalankan usaha yang sukses.

Dari tahap awal seperti riset pasar, tahap penulisan perencanaan bisnis hingga tahap akhir seperti mengurus SDM, seorang wirausahawan yang sukses harus selalu memikirkan dan menganalisa setiap keputusan bisnis yang dibuatnya, serta mengumpulkan data secara konsisten. Tanpa perencanaan yang matang, sulit untuk mencapai tujuan jangka panjang usaha rintisan ini di masa mendatang.

2.  Faktor Manusia (SDM)

Faktor lainnya untuk keberhasilan wirausaha yaitu faktor sumber daya manusia (SDM). Karena faktor tersebut merupakan faktor kesuksesan operasional dalam wirausaha. Beberapa diantaranya seperti pembuat rencana (strategic planner), pengawas (controller), manajer yang hebat (great manager), pemasaran (Marketer), dan penjualan (seller), dan juga yang terakhir adalah kepemimpinan (leadership).

3.  Memiliki Modal yang Cukup

Meskipun telah memiliki semangat dan tekad, Anda juga perlu memiliki modal untuk menjalankan dan megembangkan bisnis Anda. Modal merupakan komponen utama dalam wirausaha yang tidak bisa tergantikan oleh apapun. Jadi sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda sudah memiliki modal yang cukup untuk bidang usaha yang akan Anda jalani agar kedepannya bisa berjalan dengan lancar.

4.  Memiliki Networking yang Luas

Yang juga tak kalah penting dari usaha adalah memiliki networking atau jaringan yang luas. Networking inilah yang akan membuat usaha Anda dikenal orang lain, masyarakat, bahkan seluruh dunia. Networking juga memudahkan Anda dalam berwirausaha, untuk itulah mulai dari awal bangunlah networking Anda seluas mungkin agar Anda mengalami kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan bisnis.

5.  Inovasi dan Kreatifitas yang Tinggi

Salah satu faktor sukses seorang wirausaha adalah memiliki sebuah konsep,  visi untuk mewujudkannya, serta mampu melaksanakannya. Faktor inovasi ini penting bagi semua wirausahawan. Namun, perlu diketahui setiap memiliki ide baru, seorang wirausaha harus memikirkan cara untuk tetap enjoy bekerja, menganalisa persaingan, melakukan riset pasar untuk melihat kebutuhan pasar, dan mencari cara agar idenya berhasil. Ingat, semua itu tidak dapat dilakukan tanpa adanya talenta, inisiatif, dan kreativitas.

6. Berani Mengambil Resiko

Faktor keberhasilan wirausaha berikutnya adalah berani mengambil resiko. Selain tindakan, keberanian dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk juga menjadi kunci untuk sukses menjadi pengusaha.

Contohnya seperti Gojek. Dulu, mungkin masih banyak orang awam terhadap teknologi, apalagi untuk memesan alat transportasi. Dari kondisi tersebut, bisa saja Gojek bangkrut dengan waktu yang sangat cepat. 

Tapi ternyata, masyarakat malah menerimanya. Teknologi yang rumit bisa disederhanakan sedemikian rupa hingga justru memudahkan masyarakat untuk bepergian ke mana saja.

7.  Kesabaran

Faktor keberhasilan wirausaha yang terakhir adalah kesabaran. Anda harus sabar-sabar menghadapi berbagai masalah yang dihadapi. Sabar menghadapi konsumen, sabar menghadapi klien, bahkan sabar menghadapi pemasukan yang terus menurun.

Nah, itulah beberapa faktor keberhasilan wirausaha yang harus perlu Anda ketahui dengan baik, sebelum benar-benar terjun ke dunia wirausaha. Jika sekiranya Anda merasa mampu dan memiliki semuanya, tidak perlu ragu untuk segera terjun menjadi seorang entrepreneur sejati. Selamat mencoba!

You may also like...