Pentingnya Mempersiapkan Asuransi Pendidikan Anak Sedini Mungkin

Sebagai orang tua, mempersiapkan asuransi untuk anak merupakan sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Asuransi ada banyak jenisnya, tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Selain asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, asuransi yang harus Anda persiapkan bagi anak selanjutnya adalah asuransi pendidikan anak.

Masih banyak orang yang menyepelekan jenis asuransi ini. Padahal biaya pendidikan sekolah selalu bertambah mahal setiap tahunnya dan siapa tahu terjadi suatu peristiwa di mana Anda sebagai orangtua tidak bisa membiayai pendidikan anak. Dengan inilah asuransi pendidikan anak sangat dibutuhkan. Asuransi pendidikan memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu memberi kepastian dana pendidikan anak, serta memberikan perlindungan bagi orangtuanya (life insurance).

Dengan memiliki asuransi pendidikan, Anda sebagai orangtua akan mendapat perlindungan atau proteksi sebagai pencari nafkah, sekaligus memberi kepastian dana pendidikan apabila terjadi sesuatu dengan orangtua. Asuransi ini dapat dicairkan disesuaikan dengan periode pendidikan, semisal ketika masuk TK, SD, SMP, SMA maupun kuliah. 

Jenis Asuransi Pendidikan Anak

asuransi pendidikan anak

Sekolah Terjamin Berkat Asuransi

1. Asuransi Pendidikan Dwiguna

Asuransi pendidikan jenis ini akan memberikan perlindungan di masa depan, yang menyertakan tabungan pendidikan di dalamnya. Dengan menggunakan asuransi ini, biaya pendidikan anak akan terjamin apabila terjadi sesuatu pada orang tuanya seperti meninggal dunia atau cacat total yang menyebabkan orang tua tidak bisa mencari nafkah lagi. 

Asuransi pendidikan dwiguna juga memberikan manfaat berupa uang tabungan yang dapat dicairkan dalam jangka waktu tertentu. Besaran jumlah tabungan harus sesuai dengan kontrak yang telah disepakati antara Anda sebagai nasabah dengan penyedia asuransi. Jika diibaratkan, manfaat ini lebih mirip seperti tabungan berjangka. 

2. Asuransi Pendidikan Unit Link

Untuk jenis asuransi pendidikan ini, merupakan gabungan dari layanan asuransi serta investasi. Yang mana artinya bahwa premi yang Anda bayarkan tiap bulannya tidak hanya untuk pendidikan anak di masa depan saja, tapi juga akan dikelola untuk produk investasi seperti reksa dana. Asuransi pendidikan unit link cocok bagi Anda yang juga ingin melakukan investasi. Keuntungan dari investasi akan dibagikan beriringan sesuai tahap anak sekolah, semisal saat akan masuk SD, SMP maupun SMA. 

Kapan Waktunya Mempersiapkan Asuransi Pendidikan Anak?

asuransi pendidikan anak

Mempersiapkan Asuransi untuk Masa Depan Anak

Mempersiapkan asuransi pendidikan anak harus sedini mungkin. Sebisa mungkin Anda sudah harus mempersiapkan asuransi pendidikan saat anak masih belum masa sekolah. Persiapan dini seperti ini penting, dengan begitu Anda akan langsung mencairkan nya saat anak masuk sekolah. 

Cara Memilih Asuransi yang Tepat 

asuransi pendidikan anak

Konsultasi Perusahaan Asuransi

Dalam memilih asuransi pendidikan, Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut. 

1. Rekam jejak pemberi layanan asuransi

Anda harus teliti dan cermat dalam memilih provider asuransi dengan cara memperhatikan track record serta kredibilitasnya di OJK. Ulasan dari para nasabah juga penting untuk Anda perhatikan. Semakin banyak presentasi ulasan baiknya, maka semakin terpercaya juga pemberi layanan asuransi tersebut. 

2. Terdaftar

Penipuan kini marak terjadi, bahkan penipuan asuransi sekalipun. Maka dari itu Anda harus mengecek agen atau provider asuransi itu, dengan memastikan bahwa mereka memiliki kartu Asosiasi Asuransi Umum Indonesia. 

3. Informasi produk yang jelas

Pilihlah perusahaan asuransi yang memberikan informasi secara jelas dan detail mengenai produk asuransi pendidikan mereka. 

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa perusahaan asuransi yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda, antara lain: 

  1. Manulife
  2. Mandiri
  3. BRI
  4. Prudential
  5. BCA
  6. BNI

Demikianlah penjelasan mengenai asuransi pendidikan anak dan waktu terbaik untuk mempersiapkannya. Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan Anda mengenai pentingnya asuransi bagi kehidupan ya!

You may also like...