Jangan Anggap Ringan Bahaya Asam Urat di Tubuh Anda

Bahaya Asam Urat – Banyak orang yang menganggap bahwa, asam urat adalah penyakit ringan yang bisa dengan mudah disembuhkan. Kondisi ini disebabkan gejala awal dari asam urat, yang hanya memunculkan rasa nyeri. Padahal, jika asam urat ini dibiarkan terus menerus tanpa diberi pengobatan, boleh jadi ada bahaya yang mengincar Anda.

Hal tersebut karena, nyeri yang hanya datang sebentar, biasanya membuat orang memandang sebelah mata gejala penyakit yang satu ini. Kenyataannya, di balik itu semua sebetulnya orang-orang harus waspada terhadap dampak buruk yang akan datang jika asam urat tersebut tidak diobati.

Bahaya asam urat

Asam urat adalah kristal yang merupakan produk akhir dari metabolisme pemecahan purin yang berasal dari sel hidup. Purin ini biasa terdapat dalam sayur, buah dan kacang-kacangan, maupun dari hewan (daging, jeroan). Setiap manusia memiliki asam urat dalam tubuhnya. Namun, kadar asam urat bisa meningkat dan menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Penyebab Bahaya Asam Urat

Penyakit  ini dapat digolongkan menjadi penyakit what gout is primer dan penyakit what gout is sekunder.

Pada penyakit what gout is primer, 99 % penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Ada beberapa dugaan, dan berkaitan dengan kombinasi faktor genetik dan faktor hormonal. Keduanya berkolaborasi dan menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Atau, bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.

Penyakit what gout is sekunder disebabkan meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi. Misalnya, mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi.

Purin adalah salah satu senyawa basa organically grown yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk meat.

Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, makanan yang mengandung B12). Penyebab lainnya adalah obesitas, penyakit kulit psoriasis, dan kadar trigliserida yang tinggi.

Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik, biasanya terdapat kadar keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Dan itu menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh juga ikut meninggi.

Ragam Bahaya Asam Urat

Berikut ini adalah bahaya asam urat yang dapat terjadi jika kondisi ini tidak segera diobati:

Terbentuknya Batu Ginjal

Salah satu bahaya asam urat jika dibiarkan tanpa pengobatan. Saat asam urat menumpuk, lama-lama akan terbentuk batu ginjal. Jika hal ini terus dibiarkan, penumpukan batu ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

Kerusakan Pada Persendian

Bahaya asam urat selanjutnya adalah dapat menyebabkan kerusakan sendi. Kondisi ini terjadi ketika kadar asam urat di dalam darah sudah tidak terkontrol, sehingga menyebabkan jaringan sendi menjadi rusak secara permanen.

Biasanya, kerusakan sendi akan muncul setelah tophi timbul di bagian sendi yang meradang. Kondisi ini merupakan masalah yang cukup serius, maka diperlukan prosedur operasi untuk memperbaiki atau mengganti sendi yang rusak.

Terbentuknya Tophi (benjolan)

Salah satu bahaya asam urat yang tidak segera diobati adalah penumpukan kristal padat di bawah kulit, hingga akhirnya membentuk benjolan kecil berwarna putih yang disebut tophi. Di dalam tophi, bisa terdapat cairan yang berbentuk seperti pasta gigi.

Tophi biasanya muncul di ibu jari kaki, siku, lengan, telinga, jari tangan, lutut, tumit, atau sepanjang punggung pergelangan kaki. Ketika serangan asam urat datang, tophi bisa meradang, membengkak, dan terasa menyakitkan, hingga membuat penderitanya kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari.

Meningkatkan Bagi Penderita Diabetes

Asam urat yang dibiarkan tanpa pengobatan juga diketahui memiliki kaitan terhadap terjadinya diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kadar asam urat tinggi di dalam darah dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 20 persen.

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Seorang dengan penyakit gagal jantung dan kadar asam urat yang tinggi memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Karena itu, orang dengan penyakit jantung selalu disarankan untuk memeriksakan kadar asam uratnya.

Apakah Bahaya Asam Urat Bisa Disembuhkan ?

Ada yang bilang asam urat bisa sembuh, ada juga yang beranggapan sebaliknya. Faktanya, penyakit asam urat tidak bisa sembuh total tapi bisa dikendalikan. Artinya, jika Anda mengidapnya, penyakit itu tidak akan hilang. Namun kabar baiknya Anda tetap bisa mencegah agar tidak kambuh. Ada beberapa orang yang membutuhkan obat untuk mengontrol kadar asam uratnya, dan ada juga yang tidak. Biasanya, ketika serangan asam urat menyerang terjadi gout akut, kita diminta untuk meminum obat asam urat selama beberapa hari kedepan. Tergantung seberapa parah penyakit asam urat yang dialami. Jika memang tidak disarankan untuk minum obat, kita tetap harus mengendalikan kadar asam urat supaya tidak melonjak dengan menerapkan diet yang tepat. Beberapa perubahan gaya hidup juga bisa membantu mengendalikan kadar asam urat.

Bahaya asam urat pada kenyataannya dapat menggiring Anda ke gangguan kesehatan lain yang lebih berbahaya. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk memeriksakan kadar asam urat Anda untuk mengetahui risiko berbagai penyakit yang mungkin menghampiri. Nah yuk, luangkan waktu untuk cek kadar asam urat Anda ya!

You may also like...