Memahami Bagaimana Cara Kerja Asuransi Jiwa Berjangka Berdampak Penting di Hidup Anda

Asuransi jiwa berjangka – Asuransi jiwa sendiri merupakan sebuah pertanggungan yang diberikan oleh sang pemberi jaminan terhadap pihak pertama yang membayar iuran jika terjadi sesuatu hal merugikan. Hal ini terutama pada kerugian finansial karena risiko kematian maupun hidupnya terlalu lama. Salah satu jenisnya adalah asuransi jiwa berjangka yang akan memberikan perlindungan asuransi jiwa pada seseorang dalam jangka waktu tertentu.

Asuransi jiwa berjangka

Bahkan tidak sedikit perusahaan yang memiliki asuransi jiwa satu ini, pasalnya harga yang ditawarkan cukup menarik untuk proteksi terbaiknya. Hal ini tentunya untuk menjamin kesejahteraan pada keluarga yang mungkin ditinggal karena risiko kematian. Sehingga kerugian finansial yang diderita bisa ditanggung dengan baik.

Tidak hanya karena risiko kematian, asuransi satu ini bisa pula terjadi pada seseorang yang sudah mencapai umur terlalu tua. Hal ini digunakan untuk membiayai anak-anak apabila sudah tidak mampu untuk mencari nafkah. Sehingga peran penting sebuah asuransi jiwa dalam konteks ini mampu menjamin kehidupan dan keadaan finansial. Maka dari itu, ada baiknya bagi tiap orang untuk menyisihkan penghasilan untuk asuransi satu ini.

Dengan mengambil asuransi jiwa berjangka, tentunya akan memberikan perlindungan penuh dan memastikan masa depan orang tersayang terjamin. Jadi, untuk mengetahui info lebih lengkap serta seluk beluk dari jenis asuransi jiwa satu ini, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Asuransi Jiwa Berjangka

Salah satu jenis asuransi jiwa adalah asuransi jiwa berjangka, yaitu dirancang untuk memberikan proteksi asuransi jiwa dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Jangka waktu yang ada sangat bervariasi, yaitu selama 1 tahun, 10 tahun, 20 tahun ataupun sampai usia yang ditentukan. Hal ini tergantung dengan perjanjian yang sudah tertera di polis yang telah disepakati oleh kedua pihak.

Asuransi satu ini tidak memiliki nilai tunai, sehingga jika kontrak berakhir dan nasabah dalam keadaan sehat maka perjanjian dianggap selesai. Hal tersebut membuat perusahaan asuransi sudah tidak berkewajiban untuk membayarkan Uang Pertanggungan pada pihak tertanggung. Meskipun kelihatannya tidak begitu menguntungkan dan dianggap sebelah mata, namun asuransi jiwa jenis ini memiliki keunggulannya sendiri dibandingkan asuransi lainnya.

Hal yang membedakan antara asuransi jiwa berjangka dan asuransi jiwa lainnya yaitu terletak pada sifatnya yang murni asuransi. Dengan begitu, sangat cocok untuk seseorang yang ingin mengelolanya secara terpisah, baik asuransi, tabungan hingga investasi. Maka dari itu, perencanaan keuangan yang tertata dengan baik sangatlah penting agar bisa memilih jenis asuransi jiwa yang tepat.

Jenis Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa satu ini memiliki nilai premi yang relatif lebih rendah daripada jenis asuransi lainnya. Untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing, ada baiknya untuk mengetahui jenis asuransi jiwa berjangka, antara lain:

  • Asuransi Berjangka Diperbaharui Tiap Tahun

Jenis asuransi jiwa berjangka yang pertama adalah asuransi berjangka yang diperbaharui setiap tahun. Dengan begitu polis asuransi satu ini memiliki masa aktif hanya satu tahun saja. Ketika diperbarui tiap tahunnya, maka pemegang polis diperbolehkan untuk memperbarui polis dengan jangka waktu satu tahun hingga batas usia yang telah ditentukan. Pada umumnya, batas usia yang ditetapkan yaitu hingga umur 65 atau 70 tahun.

  • Asuransi Berjangka Tetap

Berbeda dengan asuransi berjangka diperbarui tiap tahun, jenis asuransi satu ini memiliki jangka waktu polis yang bisa lebih dari satu tahun. Manfaat dan premi yang diberikan pun tetap bisa didapatkan selama jangka waktu polis berlaku. Jadi, apakah tertarik untuk menggunakan manfaat asuransi jiwa satu ini?

  • Asuransi Berjangka Menurun

Asuransi jiwa satu ini akan memberikan jumlah manfaat yang menurun selama waktu yang ditentukan pada polis berlangsung. Hal ini biasanya akan diberikan pada tertanggung yang dimulai pada jumlah tertentu dan perlahan menurun sampai angka nol. Serta, berlangsung hingga di akhir jangka waktu polis yang disepakati.

  • Asuransi Berjangka Meningkat

Selain ketiga jenis tersebut, ada pula asuransi berjangka meningkat untuk melindungi manfaat polis dari adanya inflasi. Polis asuransi satu ini akan memberikan uang pertanggungan mulai dari jumlah tertentu dan meningkat secara berkala selama jangka waktu polis aktif. Bahkan premi pun akan mengalami peningkatan berbanding lurus dengan uang pertanggungan yang ada. 

  • Manfaat Penghasilan Keluarga

Selanjutnya yaitu polis yang dirancang untuk memberikan penghasilan pada sebuah keluarga. Hal ini diberikan pada jangka waktu bulanan, kuartalan maupun tahunan hingga jangka waktu yang telah disepakati berakhir karena kepala keluarga meninggal. Besar biaya premi polis umumnya akan tetap sama selama polis berlangsung hingga kadaluarsa.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Berjangka

  • Kelebihan Asuransi Jiwa Berjangka

Dengan menggunakan jenis asuransi jiwa satu ini, keunggulan pertama yang bisa didapatkan adalah premi yang sangat terjangkau. Hal ini tentunya cukup menguntungkan, bahkan iuran premi per bulan pun bisa ditentukan sendiri loh. Tidak hanya itu, lamanya masa pembayaran juga bisa ditentukan sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki oleh tiap orang.

Bahkan jangka waktu polis bisa pula disesuaikan dengan kebutuhan loh. Hal ini bisa dilakukan untuk memproteksi seseorang yang berada di umur produktif ataupun saat menjadi tulang punggung di dalam keluarga. Sehingga durasi yang dipilih sangat fleksibel, yaitu mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun sesuai kesepakatan.

Selain itu, klaim dari polis asuransi satu ini bisa diwakilkan oleh pihak keluarga apabila nasabah meninggal dunia loh. Hal ini tentunya sangat memudahkan, terutama dalam melakukan klaim atas Uang Pertanggungan yang disepakati sebelumnya. Sehingga hak yang dimiliki oleh nasabah tetap bisa diambil secara mudah tanpa harus melalui administrasi yang rumit.

  • Kekurangan Asuransi Jiwa Berjangka

Tentu saja di samping keunggulan, ada pula kekurangan yang dimiliki. Kerugian yang akan didapatkan adalah ketika nasabah tidak mengalami risiko apapun, maka premi yang dibayarkan tiap bulannya tidak bisa diambil kembali. Hal ini memang merugikan, mengingat biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Gambaran dari kerugian tersebut yaitu apabila nasabah mengambil asuransi berjangka 10 tahun dan selama itu tidak mengalami risiko apapun. Maka secara otomatis tidak bisa mengambil manfaat atau uang pertanggungan dari asuransi satu ini. Sehingga uang yang dibayar tiap bulan pun akan hangus dan tidak bisa ditarik sesuai keinginan. Tentu saja hal ini sangat disayangkan bukan?

Nah itulah informasi mengenai asuransi jiwa berjangka, jenis dan bahkan keunggulan serta kekurangannya dibandingkan asuransi jiwa lainnya. Terkadang kekhawatiran nasabah terkait kerugian memilih jenis asuransi jiwa yang tidak tepat membuatnya ragu. Namun selama telah memahami bagaimana cara kerjanya dengan baik, maka keuntungan yang didapatkan akan bermanfaat di kemudian hari.

Tidak hanya itu, pastikan pula untuk memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing. Hal ini untuk menghindarkan dari masalah-masalah yang terjadi kedepannya. Jika masih ragu untuk menentukan produk asuransi jiwa mana yang tepat, maka bisa melakukan konsultasi dengan para expert di bidangnya. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi perlindungan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

You may also like...