Perhatikan Cara Meditasi yang Benar agar Pikiran Lebih Rileks

Merebaknya covid-19 juga membuat pikiran menjadi stress. Padahal, pikiran yang terlalu berat justru membuat sistem imun tubuh kita lemah dan mudah terserang penyakit. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu melakukan meditasi agar pikiran dan jiwa tenang. Lalu bagaimana cara meditasi yang benar?

Perhatikan 5 Cara yang Benar Berikut Ini

1. Cari Tempat Ternyaman

cara meditasi yang benar

Pilih tempat ternyaman untuk mulai meditasi

Langkah pertama yang mesti kamu perhatikan untuk mendapatkan pikiran yang tenang dari kegiatan meditasi adalah pastikan mencari tempat ternyaman. Pastikan kamu bisa berkonsentrasi dengan baik. Jangan sampai ada sesuatu yang mengganggu dan membuat pikiranmu justru kacau.

Tidak ada salahnya jika kamu menambahkan aromaterapi, agar mendapatkan suasa wangi yang bisa membuat pikiran semakin rileks. Matikan juga lampu agar kamu bisa lebih tenang dan berkonsentrasi. Kamu juga bisa menggunakan bantal untuk duduk di lantai untuk menjaga tubuh tetap tegak dan tidak membungkuk.

2. Rilekskan Pikiran

Langkah kedua adalah dengan merilekskan pikiran. Untuk mendapatkan ketenangan jiwa saat melakukan meditasi, kamu juga bisa menutup kedua mata sembari mengatur napas setenang mungkin. Ambil napas lewat hidung, tahan sebentar, lalu hembuskan perlahan lewat mulut. 

Lakukan hal ini secara berulang untuk mendapatkan tubuh yang benar-benar rileks. Sebisa mungkin, buanglah jauh-jauh pikiran buruk. Rasakan energi positif yang masuk ke dalam tubuh dan saat menghela napas bayangkan semua stres atau pikiran yang mengganggu ikut terbuang.

3. Fokus

cara meditasi yang benar

Cobalah untuk fokus dan memusatkan pikiran

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan fokus pada satu hal. Kamu bisa fokus mengatur pernapasan agar bisa berkonsentrasi dengan penuh. Tidak ada salahnya kamu mencoba berkonsentrasi pada nafas dengan cara yang nyaman, misal dengan suara napas.

Selama melakukan meditasi ini, pastikan kamu tidak memikirkan hal-hal lain. Berusaha untuk kembali fokus dengan pernapasan kita dan segera buang pikiran-pikiran negatif supaya jiwa bisa rileks dari berbagai pikiran negatif. Dengan begitu proses meditasi bisa berjalan lancar. 

4. Perhatikan Postur Tubuh

Selain ketiga langkah di atas, kamu tidak bisa menyepelekan hal berikut, yaitu postur tubuh. Pastikan meskipun bermeditasi, namun tubuh tetap mengalirkan energi. Jangan sampai kamu berdiam diri selama beberapa jam dengan posisi yang salah.

Karena hal ini bisa membuat tubuhmu menjadi kaku. Bahkan tak jarang juga bisa menyebabkan beberapa penyakit saraf karena bertahan pada posisi yang salah. Posisi tubuh yang paling tepat untuk melakukan meditasi ini adalah dengan duduk tegak, kedua tangan di atas lutut, leher tak kaku, serta dagu sedikit menunduk.

5. Biarkan Indra Bekerja

cara meditasi yang benar

Berikan waktu dan kesempatan kepada sleuruh indera tubuh untuk bekerja

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan saat melakukan meditasi adalah biarkan indra yang ada pada tubuh bekerja. Maksudnya adalah, biarkan kekuatan pikiran, indera, dan tubuh untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Dalam hal ini, erat kaitannya dengan fokus yang sudah dibahas pada poin sebelumnya.

Dalam bermeditasi, pastikan masing-masing indera merasakan sensasi baik pada tubuh atau lingkungan sekitar. Dengan begitu, maka kamu akan merasakan apa yang ada pada dalam diri kamu. Buanglah jauh-jauh pikiran negatif yang ada, dan rasakanlah ketenangan yang akan kamu dapatkan.

Itulah lima langkah cara meditasi yang benar. Pastikan kamu menerapkan secara benar tiap poin di atas agar mendapatkan ketenangan jiwa yang didapat setelah bermeditasi. Tidak ada salahnya juga jika kamu mendengarkan musik yang sesuai dengan kondisi hatimu agar pikiran bisa rileks.

 

You may also like...