7 Cara Mudah Untuk Meredakan Demam Panggung yang Akut

Cara Mengatasi Demam Panggung – Bicara tentang demam panggung, tentu setiap orang bisa mengalaminya. Bahkan seseorang yang sudah profesional sekalipun. Malu, takut, khawatir jika salah, khawatir jika tampilan kita jelek, atau perasaan mengganjal pasti dialami oleh semua orang yang mengalami demam panggung.

Anda tahu, hal ini bukanlah sifat dan perilaku yang baik. Rasanya ingin merubahnya. Namun setiap kali anda berusaha untuk tampil, maka perasaan demam panggung pun kembali muncul jika kita tidak terbiasa. Bahkan Anda melakukan beberapa hal yang bisa disebut ‘memalukan’ untuk dikenang. Setelah kejadian itu, Anda berniat untuk tidak lagi berhadapan dengan panggung atau ruang publik untuk menampilkan keterampilan Anda. Harapannya, kejadian memalukan tersebut tidak lagi terulang di masa datang.

Sayang, menolak untuk tidak tampil di atas panggung bukan hal yang mudah. Karier Anda tidak akan meningkat, justru stagnan atau malah mundur. Karena Anda tidak berani tampil di depan umum. Anda menyadari kekurangan ini. Sebenarnya, Anda ingin mencoba kembali menampilkan keterampilan di muka umum. Hanya saja, demam panggung ini belum hilang.

Cara mengatasi demam panggung

Lalu, ketika Anda sudah menyadari memiliki demam panggung, bagaimana cara ampuh mengatasinya? Yuk, simak 7 cara ampuh untuk meredakan demam panggung Anda!

Cara Mengatasi Demam Panggung

1.  Persiapkan waktu dan Datang Lebih Awal

Ketika Anda memang telah memiliki jadwal untuk menampilkan sesuatu di atas panggung atau presentasi, maka datanglah lebih awal. Anda bisa menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan suasana sekitar panggung atau tempat dimana Anda akan berpresentasi. Anda pun bisa melakukan hal lain agar lebih optimal ketika sudah diatas panggung atau presentasi. Seperti melakukan gladi, membaca sekali lagi naskah, hingga koordinasi sekali lagi dengan tim Anda kalau ada.

2.  Lakukan Pernafasan 

Untuk mengatasinya, Anda bisa juga melakukan olah pernafasan ringan. Coba tarik napas dalam dan lepaskan pelan pelan. Hal ini berguna untuk mengatur sirkulasi darah Anda agar lancar dari ketengangan suasana. Ritme jantung Anda yang berdegup kencang lama lama akan pelan ritmenya. Kepala yang terasa panas akan sedikit dingin. Anda bisa mengulangi beberapa kali melakukan olah pernafasan ringan tersebut agar lebih relax.

3.  Belajarlah untuk Mengurangi Negative Self-Talk 

Demam panggung terkadang memancing diri untuk ragu karena hal-hal negatif yang sedang ada di bayangan. Maka ketika ragu, takut dan tidak percaya diri hadir, belajarlah untuk mengurangi hal-hal negatif dalam pikiran Anda. Yakinkan diri untuk memberikan yang terbaik. Karena Anda adalah apa yang Anda pikirkan.

4.  Kuasai Materi yang Akan Anda Tampilkan

Penting untuk Anda menguasai materi yang hendak ditampilkan. Tentu saja bukan sehari semalam waktu menghafal atau menguasainya. Perlu waktu yang lama agar anda bisa memahami hal tersebut. Usahakan di lokasi panggung atau tempat dimana Anda akan mempresentasikan materi proposal, Anda tidak perlu untuk belajar lagi. Karena Anda yakin sebelum-sebelumnya sudah latihan dengan baik.

5.  Usahakan Menghindari Kafein

Kecuali jika Anda biasanya pecandu kafein, jangan mengonsumsi kafein tambahan pada hari penampilan. Anda mungkin berpikir bahwa itu akan membuat Anda tampil dengan lebih banyak energi, tetapi sebenarnya akan membuat Anda merasa lebih gugup dan gelisah.

6.  Rekam Diri Anda Sendiri

Merekam video diri Anda menyampaikan presentasi Anda. Teruslah berbicara sambil merekam sampai Anda dapat melihat rekaman dan berpikir, “Wow, itu adalah presentasi hebat!” Jika Anda tidak senang dengan cara Anda terlihat di rekaman, maka Anda tidak akan senang dengan cara Anda tampil secara pribadi. Terus lakukan hal ini sampai Anda bisa melakukannya dengan benar. Bila Anda di atas panggung, ingat saja betapa hebatnya Anda terlihat di dalam video, dan katakan kepada diri sendiri bahwa Anda dapat melakukan lebih baik.

7.  Selalu Evaluasi Diri

Untukmu yang bukan pertama kali tampil diatas panggung, cobalah untuk bertanya tentang tanggapan orang lain terhadap diri Anda, Kamu juga bisa evaluasi diri melalui rekaman saat berada diatas panggung. Demam panggungmu akan mereda, ketika kamu akan tampil lagi. Karena kamu sudah bisa mengurangi kesalahan saat berada di atas panggung.

Ketika Belum Teratasi, Bagaimana Solusinya?

Solusinya adalah coba meminta bantuan orang lain untuk mengatasi demam panggung Anda, hal ini  juga salah satu cara yang bisa Anda coba. Seperti meminta bantuan untuk mengajak untuk mengobrol sebelum naik ke atas panggung. Jadi, jangan terlalu memaksa untuk mengatasinya sendiri. Ingat, ketakutan dan kegembiraan adalah hal yang sama. Sikap Anda terhadapnyalah yang menentukan apakah Anda takut atau gembira dengan hal itu.

Latihan adalah kunci, dan semakin Anda berlatih, Anda akan merasa semakin percaya diri. Apalagi kualitas rutinitas Anda, pidato, atau penampilan juga akan membaik.

Cobalah dengan 7 Cara Mengatasi Demam Panggung di atas dengan konsisten. Dan ingat tidak ada segala sesuatu yang instan dan cepat didapatkan. Berproses adalah langkah terbaik dalam menjalani itu semua. Raihlah panggung Anda dan raihlah kesuksesan Anda.

You may also like...