Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja Agar Produktivitas Tetap Terjaga

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja banyak dicari terutama untuk para karyawan atau pekerja kantoran. Aktivitas yang padat, memang seringkali membuat tubuh cepat lelah dan menimbulkan kantuk. Bahkan rasa kantuk ini menyerang saat kita sedang sibuk bekerja. 

Rasa kantuk yang menyerang tentu tidak bisa didiamkan begitu saja, karena bisa mengganggu produktivitas. Agar produktivitas tetap terjaga dan kantuk bisa hilang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Apa saja itu? 

7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

1. Minum Kopi

Cara pertama adalah dengan meminum kopi. Kafein di dalam kopi bisa memberikan energi untuk tubuh yang sedang mengantuk atau kelelahan. Karena sifatnya sebagai stimulan, minuman ini dapat meningkatkan aktivitas di otak serta sistem saraf pusat. 

Tidak heran jika banyak orang yang menjadikan kopi sebagai pelarian untuk menghindari rasa kantuk. Meskipun demikian, kamu harus tetap ingat, jangan sampai mengkonsumsi kopi terlalu banyak. Apalagi bagi penderita asam lambung, harus sangat berhati-hati saat mengkonsumsi kopi. 

2. Tidak Duduk Terlalu Lama

cara menghilangkan ngantuk saat kerja

Usahakan untuk Tidak Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu menjadi salah satu penyebab ngantuk datang. Padahal, inilah yang setiap hari dilakukan oleh pekerja kantoran. Untuk menghindari hal ini kamu bisa sekedar pergi ke kamar mandi atau ke tempat kerja teman sebentar. 

Tujuannya agar punggung tidak terlalu kram dan mendatangkan rasa kantuk. Selain itu dengan sekedar berdiri kamu juga bisa melakukan peregangan otot di meja kerja. Sehingga bisa menyegarkan pikiran karena otot tidak terlalu kaku.

3. Tidak Makan Siang yang Terlalu Berat

Sering tidak disadari, makan siang yang terlalu berlebihan bisa membuat cepat ngantuk. Sebenarnya ini memang respon alami dari tubuh. Oleh karena itu, disarankan agar tidak terlalu berlebihan saat makan siang. Kamu cukup mengonsumsi makan secukupnya dengan memperbanyak buah yang mengandung serat.

4. Membuat Ruang Kerja Tetap Terang

cara menghilangkan ngantuk saat kerja

Berikan penerangan yang cukup untuk ruangan

Ngantuk bisa disebabkan karena ruangannya yang terlalu gelap, alias pencahayaannya kurang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu membuka jendela kantor dan membuat penerangan lebih terjaga. Tidak ada salahnya juga jika kamu memutar radio untuk menambah gairah semangat bekerja dan menghilangkan rasa bosan saat kerja.

5. Mendengarkan Musik yang Ceria dan Penuh Semangat

Tips mengurangi  kantuk saat bekerja selanjutnya adalah mendengar musik agar tidak terlalu serius saat bekerja. Pasalnya, situasi yang terlalu serius bisa membuat pikiran suntuk, cepat lelah, dan mendatangkan rasa kantuk. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mendengarkan musik yang ceria untuk menyegarkan otak.

6. Mencuci Muka

cara menghilangkan ngantuk saat kerja

Membasuh muka bisa menjadi solusi atasi kantuk

Mencuci muka bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa ngantuk. Kesegaran air yang kamu dapatkan ketika membasuh muka, bisa membuat suasana hati menjadi sejuk dan lebih bersemangat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mencuci muka setiap pikiran sudah terlalu suntuk dengan pekerjaan.

Dengan mencuci muka ini, kamu juga bisa membantu meregangkan otot-otot yang sudah tegang ketika bekerja. Karena pastinya kamu akan berdiri dari dudukmu, dan pindah tempat. Menjumpai tempat-tempat yang baru dipandang oleh mata, sehingga bisa mengusir rasa ngantukmu.

7. Melakukan Peregangan Sebentar

Tidak ada salahnya jika sesekali kamu melakukan peregangan otot alias stretching. Dengan melakukan ini, tubuh tidak akan mudah lelah sehingga bisa kembali fit. Kamu bisa melakukan peregangan ini dengan sesekali menoleh ke kanan maupun ke kiri, atau paling tidak dengan berdiri paling tidaknya lima menit.

Itulah tujuh cara menghilangkan ngantuk saat bekerja. Kamu bisa melakukan tips-tips di atas agar tidak ngantuk lagi ditengah jam kantor. Dengan begitu, produktivitas dan semangat kamu bisa tetap tinggi sampai waktu pulang tiba! 

 

You may also like...