Cara Menghilangkan Rasa Bosan Supaya Tetap Semangat dan Produktif

Rasa bosan, memang sering datang kepada siapa saja. Apalagi di tengah pandemi seperti ini dimana semua orang karantina mandiri di rumah saja. Tidak jarang juga bisa mendatangkan stress. Untuk mengusir rasa bosan itu, kamu bisa melakukan beberapa cara menghilangkan rasa bosan berikut ini agar bisa kembali semangat dan produktif! 

Lakukan 5 Cara Menghilangkan Rasa Bosan yang Efektif Ini

1. Lakukan Hobi

cara menghilangkan rasa bosan

Menghilangkan rasa kebosanan dengan melakukan hobi

Saat rasa bosan sedang melanda, cobalah melakukan sesuatu yang kamu sukai. Dengan melakukan hobi alias kegemaran, maka akan meningkatkan mood seseorang. Mood yang baik inilah yang akan membuat pikiran nyaman, jiwa tenang, dan menghilangkan rasa bosan.

Kamu bisa bernyanyi, bermain musik, membaca, maupun melakukan hobi yang bisa mengembalikan mood. Dalam melakukan hobi ini, kamu bisa mengajak seseorang agar tidak sepi dan membangun kesan seru. Apalagi kondisi karantina di rumah seperti ini, bisa membuat kedekatan antar keluarga menjadi lebih akrab. 

2. Bersosialisasi

Rasa bosan bisa saja muncul ketika kamu sendirian dan bingung mau melakukan apa. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan sosialisasi dengan sesama baik secara langsung maupun via daring. Dengan bersosialisasi pula kamu bisa mendapatkan teman curhat dan bisa menjadi pendengar, sehingga menjauhkan dari rasa bosan.

Tidak ada salahnya kamu juga melakukan “me time” dan juga berbaur dengan alam. Ini bisa menjadi trik jitu mengusir bosan yang ada pada dalam diri. Cobalah untuk sesekali membuka jendela, dan memperhatikan alam di sekitarmu.

3. Memasak

cara menghilangkan rasa bosan

Jika bosan melanda, cobalah untuk memasak sesuatu

Meskipun terdengar sederhana, nyatanya tugas rumah yang sering dilakukan ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi rasa bosan. Memasak tidak harus dilakukan oleh wanita. Tidak ada salahnya, bagi kamu yang laki-laki melakukan aktivitas yang satu ini. Pasalnya, saat memasak, secara tidak langsung bisa mengusir rasa bosan.

Hal ini karena saat seseorang masak, akan lebih kreatif untuk memadukan antara menu yang akan dimasak dengan lamanya durasi agar masakan tidak gosong. Selain itu, saat seseorang memasak, maka tangan, kaki, dan mata akan bekerja. Sehingga dalam hal ini secara tidak langsung bisa menjadi peregangan untuk otot-otot tubuh.

4. Menulis Harian

Cara menghilangkan rasa bosan selanjutnya adalah dengan menulis. Aktivitas ringan ini nyatanya bisa menjadi salah satu pelarian terbaik untuk meningkatkan mood. Saat seseorang mulai menulis entah itu di buku harian maupun laptop, dia akan membangun dunia barunya sendiri sehingga rasa bosan akan berkurang.

Tidak hanya itu, menulis merupakan salah satu aktivitas meluapkan semua perasaan dan keluh kesah. Dengan menulis pula, seseorang akan menjadi kreatif dan secara tidak langsung juga meningkatkan kepekaan dan membangun rasa simpati. Oleh karena itu, coba mulai sekarang kamu tuliskan semuanya di buku harianmu.

5. Olahraga

cara menghilangkan rasa bosan

Berolahraga juga bisa menjadi alternatif mengatasi rasa bosan

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa bosan adalah dengan melakukan olahraga. Saat seseorang olahraga, maka aliran darah akan lancar sehingga membuat otak segar, dan menjauhkan rasa bosan maupun malas. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu melakukan olahraga ringan. 

Kamu bisa sekedar menoleh ke kanan, ke kiri, atau sekedar meditas beberapa menit untuk merilekskan pikiran. Tidak perlu olahraga berat yang membuat tubuh lelah, karena hal itu justru bisa membuat pikiran menjadi terforsir. Bukan berolahraga malah kamu akan kelelahan. 

Itulah lima cara menghilangkan rasa bosan selama karantina mandiri karena pandemi covid-19. Selalu jaga kesehatan dan berpikir positif agar tubuh terjaga dari berbagai virus yang bisa membahayakan. Tetap sehat dan di rumah aja ya! 

You may also like...