Cara Menjadi Reseller Online Shop Cepat Sukses

Saat ini menjalankan pekerjaan sebagai seorang reseller online shop adalah satu hal yang sangat mudah ditemukan. Banyak orang-orang yang berhasil berbisnis yang dimulai dengan menjadi reseller online shop. Terdapat banyak kemudahan menjalani bisnis ini, di antaranya modal yang dibutuhkan tidak besar dan tidak perlu repot-repot memiliki produk karena reseller hanya cukup memasarkan produk saja pada para konsumen. Karena kemudahan pekerjaan inilah banyak orang yang ingin menjadi seorang reseller online shop. Sebenarnya, bagaimana sih cara menjadi reseller online shop itu?

Cara Menjadi Reseller Online Shop yang Mudah

Reseller online shop menjadi salah satu ide usaha yangdapat dilakukan oleh siapa saja, fleksibel dan tidak repot. Berikut ini merupakan tips cepat menjadi reseller online shop yang bisa Anda coba dengan mudah:

1. Rencanakan Usaha  dengan Menggunakan 5W + 1H

cara menjadi reseller online shop

Susun Rencana Usaha

Tentu saja dalam memulai suatu usaha termasuk menjadi reseller, Anda harus merencanakannya dengan menggunakan 5W + 1H. Apa maksudnya?  5W + 1H memiliki arti what, who, when, where, why dan how. Lebih sederhananya, Anda perlu merencanakan usaha dengan menggunakan pertanyaan supaya rencana usaha menjadi lebih jelas. 

What = apa, apa barang yang akan Anda jual kembali? Semisal Anda ingin menjual busana muslim. Who = siapa, siapa yang akan menjadi target dari penjualan busana muslim? Misal untuk wanita kalangan remaja dan dewasa muda. When = kapan, kapan biasanya orang-orang membeli busana muslim? Misal setiap waktu, dan akan paling dicari apabila mendekati hari-hari besar seperti idul fitri. Where = dimana, di mana Anda harus menjual busana muslim wanita ini? Karena secara online, maka Anda memasarkan nya juga secara online, seperti website, media sosial, maupun iklan. Why = mengapa, mengapa Anda memilih produk tersebut? Jelaskan alasan Anda memilih produk ini dan jabarkan pula kelebihan serta kekurangannya

Dan yang terakhir adalah How = bagaimana, bagaimana cara memasarkan produk secara tepat sehingga target pembeli berminat membeli pada Anda? Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan memikirkan strategi pemasaran yang tepat disertai pertimbangan-pertimbangan lainnya.

2. Memilih Supplier

cara menjadi reseller online shop

Pilih Supplier yang Terbaik

Setelah merencanakan dengan matang mengenai produk yang akan dijual kembali maka saatnya Anda untuk memikirkan supplier alias pemilik produk terkait. Apabila Anda akan menjual kembali busana muslim wanita, maka pilihlah supplier yang memiliki produk terkait. Sebaiknya jangan hanya mengandalkan 1 supplier, setidaknya Anda butuh 5 bahkan lebih untuk perbandingan. Pilihlah supplier yang sudah terbukti kredibilitasnya, memiliki produk berkualitas baik, dan tanggap dalam merespon keluhan dan saran dari reseller. 

3. Menentukan Harga

cara menjadi reseller online shop

Tentukan Harga Jual Produk

Reseller tidak sama dengan dropshipper. Dengan menjadi reseller, Anda biasanya akan dikenai biaya pendaftaran dan ketentuan dalam penentuan harga jual kembali produk. Sebagian juga ada supplier yang membebaskan reseller menentukan harga sendiri. Jika Anda mendapat kebebasan dari supplier, Anda harus bisa menentukan harga yang menarik tapi masuk akal. Tahan dulu keinginan Anda untuk memiliki keuntungan besar di awal menjadi reseller. Setidaknya Anda menetapkan harga jual kembali 10% – 20% lebih mahal dari harga jual supplier. 

4. Melakukan Pemasaran

cara menjadi reseller online shop

Lakukan Pemasaran Produk

Karena Anda memilih menjadi reseller online, maka pemasaran barang pun dilakukan di dunia maya. Anda bisa memulainya dengan skala kecil dulu, seperti memanfaatkan aplikasi chatting dengan mempromosikan pada saudara, teman maupun kenalan. Akan lebih efektif lagi apabila Anda menawarkan produk pada target yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Semisal Anda menjual baju muslim wanita remaja dan dewasa muda, maka perkenalkan produk tersebut pada kalangan yang dimaksud, jangan kepada pria muda lajang yang sama sekali tidak membutuhkan informasi tersebut. 

Memulai usaha memang tidak mudah dan membutuhkan proses supaya bisa mencapai keberhasilan. Dan penjelasan cara menjadi reseller online shop diatas diharapkan bisa sedikit membantu Anda supaya lebih siap sebelum memulai usaha.

You may also like...