Tata Cara dan Prosedur Klaim Asuransi Mobil Dijamin Lolos

Tata Cara dan Prosedur Klaim Asuransi Mobil Dijamin Lolos. Bagi sebagian orang, memiliki asuransi merupakan salah satu cara untuk menjamin kehidupannya di masa mendatang. Ternyata, bukan hanya jiwa saja yang bisa diasuransikan, tetapi barang berharga dan kendaraan juga bisa. Salah satunya adalah asuransi mobil. Namun, bagaimana prosedur klaim asuransi mobil saat mengalami kecelakaan? Apalagi, banyak orang yang bilang ribet dan belum tentu lolos atau di-ACC.

Memiliki kendaraan yang diluncurkan memang harus disiapkan yang akan diinginkan, semisal tergores sedikit yang lalu, bahkan yang parah adalah kecelakaan atau yang hilang. Nah, bagi yang memiliki asuransi mungkin akan sangat terbantu. Namun, memilih asuransi juga memudahkan. Karena butuh penyeleksian yang ketat.

Tata Cara dan Prosedur Klaim Asuransi Mobil

Pada saat salah satu kondisi di atas terjadi pada Anda dan Anda ingin melakukan klaim, tentu saja ada tata cara dan prosedur klaim asuransi mobil. Apa itu

Hubungi Pihak Asuransi Mobil

Sebagai tambahan informasi, klaim asuransi ini memiliki batasan waktu yaitu 3 kali 24 jam setelah kecelakaan atau kehilangan. Lebih baik lagi, sebaiknya Anda melaporkannya. Saat melakukan pelaporan pun tidak perlu untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan. Bukan hanya dokumen, kronologi peristiwa pun harus dipertanyakan dengan jelas agar tidak terkesan mengada-ada. Jika mobil mengalami kecelakaan, sebelum dibawa ke bengkel rekanan asuransi, Anda harus segera pindah asuransi.

Dengan demikian, proses klaim akan mudah dilakukan. Baik dari pihak asuransi maupun kepolisian mudah melakukan olah raga. Saat melakukan pelaporan, Anda akan diberikan Formulir. Isilah dengan lengkap dan benar sesuai dengan bukti dan dokumen yang dimiliki. Hal ini juga diperlukan agar pihak bengkel bisa segera bertindak. Karena bengkel tidak akan melakukan perbaikan mobil tanpa prosedur klaim asuransi mobil.

Apa yang Perlu Anda Ketahui Untuk Melakukan Asuransi Mobil?

Ikuti Tata Cara Klaim Asuransi Mobil

Untuk memudahkan, ikuti garis besar pengaturan tata ruang.

  1. Memperhatikan hal-hal penting dalam polis, seperti menunda laporan klaim dari batas waktu lapor.
  2. Jika Anda tidak memiliki SIM maka klaim tidak disetujui dalam polis dan klaim yang diperlukan termasuk dalam klausul yang sudah tertera di polis.
  3. Segera lengkapi dokumen klaim.
  4. Meminta kendaraan milik tertanggung tidak digunakan untuk melakukan yang melanggar hukum atau tindak kriminal.
  5. Jika dibatalkan, jangan lupa melampirkan bukti kendaraan atau dokumentasikan terlebih dahulu kendaraan pasca kecelakaan.
  6. Wilayah pertanggungan harus seusai dengan aturan polis.
  7. Kerusakan yang terjadi bukan karena disengaja.
  8. Memahami dengan jelas penyebab kecelakaan apa saja yang ditanggung oleh pihak asuransi sebelum mengajukan permohonan asuransi dan klaim.
  9. Baca dengan teliti isi dalam polis yang diberikan pihak asuransi agar tidak memahami.

Kelengkapan Dokumen

Setiap agen asuransi memiliki prosedur dan tata cara masing-masing. Namun, rata-rata untuk dokumennya hampir sama. Berikut dokumen yang harus dilengkapi.

  • Formulir klaim yang sudah diisi lengkap
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi SIM, KTP
  • Surat Keterangan dari kepolisian
  • Bukti berupa foto kondisi kendaraan

Jika terjadi kecelakaan yang terjadi pada pihak lain dan Anda siap mengganti rugi, maka ada beberapa tambahan. Yaitu

  • Surat menyetujui ganti rugi dari pihak ketiga yang disetujui sebagai pemegang polis merupakan pihak yang berhak.
  • Surat persetujuan pihak ketiga tidak memiliki asuransi.
  • Fotokopi SIM, KTP, dan STNK dari pihak ketiga.

Itulah tata cara dan prosedur klaim asuransi mobil akibat kecelakaan. Bila mobil Anda dicuri, kelengkapan dokumennya tidak ada yang berubah, hanya perlu ditambahkan surat pemblokiran STNK. Bagaimana

You may also like...