Kenali Ciri-ciri Diabetes yang Tidak Boleh Disepelekan 

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit kronis yang berlangsung jangka panjang. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) di atas batas normal. Ketika seseorang terkena diabetes, maka akan muncul gejala yang bisa menjadi indikatornya. Berikut ini adalah ciri-ciri diabetes pada seseorang. 

5 Ciri-ciri Diabetes Pada Diri Seseorang

1. Sering Buang Air Kecil

ciri-ciri diabetes

Gampang Sekali Merasa Ingin Buang Air Kecil

Gejala awal yang bisa dikenali sejak dini seseorang yang terkena diabetes adalah seringnya membuang air kecil pada malam hari. Penyakit diabetes ini memang akan membuat penderitanya bolak-balik ke kamar mandi. Dikarenakan kadar gula darahnya yang sudah terlampau tinggi. 

Idealnya gula darah akan disaring oleh ginjal dan diserap kembali ke dalam darah. Akan tetapi, jika gula darah tersebut terlampau tinggi, ginjal tidak bisa menyerap semua gula dalam tubuh. Hal ini membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan mengeluarkan kelebihan gula darah tersebut melalui urin. 

2. Mudah Merasa Haus

Selain sering buang air kecil, ciri-ciri diabetes adalah polidipsia atau sering merasa haus. Hal ini biasa terjadi karena tubuh membutuhkan banyak asupan cairan berlebih untuk menggantikan air yang terbuang lewat urin. Urin yang dihasilkan oleh penderita diabetes juga berbeda dengan urin orang normal pada umumnya. 

Urin penderita diabetes akan lebih kental. Sehingga otomatis ginjal akan mengambil lebih banyak cairan dari tubuh untuk mengencerkannya. Di saat inilah tubuh akan secara otomatis mengirim sinyal haus ke otak. 

3. Cepat Lapar

ciri-ciri diabetes

Cenderung Lebih Mudah Lapar

Gejala cepat lapar pada penderita diabetes diakibatkan hormon insulin yang tidak bekerja secara optimal. Dalam tubuh, makanan akan diubah menjadi glukosa. Glukosa inilah yang akan digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh. Di sinilah peran hormon insulin, yang bertanggung jawab menjalankan semua proses ini.

Jika tubuh gagal memproduksi insulin dengan baik, maka kebutuhan energi dalam tubuh tidak akan terpenuhi meskipun sudah makan. Akibatnya, gejala diabetes ini akan muncul. Karena tubuh merasa belum mendapatkan sumber glukosa yang akan diubah menjadi energi oleh tubuh.

4. Turunnya Berat Badan

Turunnya berat badan secara mendadak dan signifikan bisa menjadi gejala awal kamu terkena penyakit diabetes. Pasalnya, hormon insulin yang bekerja tidak semestinya, membuat tubuh tidak bisa mengambil energi dari glukosa. Sehingga tubuh mengambil sumber energi lain yang berasal dari protein. 

Tubuh akan memecah lemak dan otot untuk kemudian diubah menjadi energi. Pemecahan lemak oleh tubuh yang digantikan menjadi energi inilah yang bisa membuat berat badan kamu turun drastis meski tidak menjalani diet. Dan ini bisa menjadi salah satu tanda diabetes.

Perlu juga kamu ketahui, bahwa otot yang ada di dalam tubuh menyumbang berat badan pada manusia. Rata-rata sebanyak 45% pada pria dan 36% pada wanita. Bisa dibayangkan, jika otot-otot tersebut dipecah untuk jadi energi, akan terlihat penurunan berat badan yang signifikan.

5. Kulit Kering

ciri-ciri diabetes

Permukaan Kulit Juga Lebih Kering

Ciri-ciri orang yang terkena diabetes selanjutnya bisa dilihat dari kondisi kulitnya yang berubah menjadi kering. Munculnya gejala ini disebabkan salah satunya karena tubuh kekurangan banyak cairan lewat urin. Satu dari tiga orang akan mengalami ciri-ciri diabetes seperti kulit menjadi kering ataupun gatal.

Di samping karena tubuh kekurangan cairan, kulit kering pada penderita diabetes juga bisa terjadi karena kurangnya sensitivitas saraf dan terhambatnya sirkulasi darah pada penderita nya. Hal ini bisa menjadi ciri-ciri diabetes yang mudah diamati. Kamu bisa melihat ciri ini dengan mudah pada diri seseorang.

Menjaga lebih baik daripada mengobati. Setelah mengetahui kelima ciri-ciri diabetes di atas, pastikan kamu tidak mengalami salah satunya. Selalu rutinlah untuk mengecek kesehatan berkala. Jaga pola makan dan gaya hidup sehat agar tubuh tidak rentan terkena penyakit ya! 

You may also like...