Jelang Tahun Baru, Intip Daftar Tanggal Merah 2020 Yuk! 

Tahun 2019 akan berakhir sebentar lagi, yang itu artinya tahun baru akan tiba. Menjelang tahun 2020, pemerintah telah menetapkan jadwal libur nasional dan cuti bersama untuk tahun 2020. Dalam kalender di tahun 2020 yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama dan telah ditandatangani oleh Menteri PAN-RB Syafruddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri serta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Agustus 2019, berikut hari libur nasional dan cuti bersama yang menjadi tanggal merah 2020.

tanggal merah 2020

Kalender 2020

1 Januari: Tahun Baru 2020 

25 Januari: Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili

22 Maret: Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

25 Maret: Nyepi Tahun Baru Saka 1942

10 April: wafat Isa Al Masih

1 Mei: peringatan Hari Buruh Internasional

7 Mei: Hari Raya Waisak 2564

21 Mei:  Kenaikan Isa Al Masih

22, 26 dan 27 Mei: cuti bersama Hari Raya Idul Fitri

24 dan 25 Mei: Hari Raya Idul Fitri 1441

1 Juni: peringatan Hari Lahir Pancasila

31 Juli: Hari Raya Idul Adha (Kurban) 1441 H

17 Agustus: peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

20 Agustus: Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah

29 Oktober: Maulid Nabi Muhammad SAW

24 Desember: hari cuti bersama Natal

25 Desember: Hari Raya Natal

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Tanggal Merah 2020?

tanggal merah 2020

Menyusun Rencana Liburan

Terdapat banyak sekali hal unik yang bisa Anda lakukan ketika memasuki hari libur nasional atau libur panjang di tahun 2020 mendatang. Maka dari itu, jangan lupa untuk membuat persiapan liburan dengan jadwal tanggal merah 2020. Supaya Anda tidak bingung menghabiskan masa liburan tersebut. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan di hari libur tahun 2020 berdasarkan bulan. 

Tanggal Merah 2020 di Bulan Januari

Di bulan ini, tanggal merah terjadi di tanggal 25 yang merupakan hari sabtu, sehingga Anda akan mendapatkan 2 hari libur secara berturut-turut yang dapat dimanfaatkan untuk refreshing dengan mengunjungi lokasi wisata yang terdekat dari tempat tinggal Anda.

Tanggal Merah 2020 di Bulan April

Tanggal merah di tahun 2020 bulan April, akan jatuh pada tanggal 10 saja yang merupakan hari wafat Isa Al Masih. Karena merupakan hari Jumat dan bersambung dengan sabtu dan minggu, Anda dapat memanfaatkan tiga hari liburan di bulan April ini dengan mengunjungi Solo, Jawa Tengah maupun Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Di mana di dua daerah tersebut kerap diadakan agenda setiap bulan April yakni Festival Pesona Tambora di Sumbawa dan Solo International Culinary Festival di Solo.

Persiapan di Bulan Mei

Sebagai bulan yang memiliki tanggal merah 2020 terbanyak, kamu dapat memanfaatkan hari  libur di bulan ini untuk momen liburan panjang. Karena bertepatan dengan momen Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, di bulan ini Anda dapat merencanakan wisata religi ke masjid bersejarah serta mudik lebaran ke kampung halaman.

Rekomendasi Liburan di Bulan Juni

Setelah liburan cukup panjang di akhir bulan Mei, Anda akan bertemu dengan 1 hari lagi tanggal merah di bulan Juni. Anda dapat memanfaatkan tanggal merah 1 Juni ini dengan mengunjungi Pekan Raya Jakarta yang biasanya berlangsung sejak akhir Mei hingga akhir Juni. Ini merupakan ajang pameran terbesar se-Asia Tenggara. Rugi apabila Anda tidak menyempatkan diri untuk datang dengan memanfaatkan liburan panjang ini.

tanggal merah 2020

Libur Panjang

Jadwal Libur di Bulan Juli

Di hari terakhir bulan Juli ini yang bertepatan dengan hari Jumat, Anda akan mendapat tambahan jadwal liburan sampai hari minggu, 2 Agustus 2020. Setelah merayakan Idul Adha bersama keluarga dan kerabat, ada baiknya Anda memilih liburan staycation sebelum kembali ke rutinitas harian Anda. Dengan staycation, Anda dapat memanjakan diri serta refreshing di hotel pilihan Anda.

Hari Libur di Bulan Agustus

Pada bulan ini, Anda bisa merencanakan wisata sejarah untuk ikut memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan memanfaatkan tanggal 15 -17 Agustus atau hari sabtu – senin. Seperti mengunjungi museum 10 November di Surabaya, ataupun Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jakarta.

Libur Panjang di Bulan Desember 

Tanggal merah di bulan ini berada di tanggal 24 – 25, di mana tanggal 24 merupakan hari Kamis. Yang kemudian disambung dengan natal pada hari Jumat, maka Anda akan mendapat 4 hari liburan selama bulan Desember. Manfaatkan momen ini dengan ikut memeriahkan perayaan natal di luar negeri. Seperti Rockefeller Center di New York atau ke pasar Natal di Nuremberg, Jerman. 

Nah, itulah informasi mengenai daftar tanggal merah 2020 yang bisa Anda gunakan untuk menyusun persiapan liburan di tahun depan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda, dan selamat menyusun jadwal liburan!

You may also like...