Mengenal Hotel Syariah dan Perbedaannya dengan Hotel Konvensional

Mungkin istilah hotel syariah masih asing bagi sebagian orang, walaupun hotel ini sedang menjadi cukup tren di kalangan masyarakat. Saat mendengar ini, mungkin akan langsung teringat dengan bank syariah. Setelah dipakai sebagai nama bank yang menggunakan sistem syariah, sekarang juga dipakai sebagai nama dari hotel. Memang seperti apa hotel syariah itu dan apa perbedaan hotel syariah dan hotel konvensional yang umumnya sudah dikenal?

Ketika Anda mendengar istilah hotel sendiri, Anda akan langsung teringat dengan sebuah penginapan atau bahkan mungkin sebagai tempat maksiat. Hal ini kemudian membuat Anda sedikit berspekulasi bahwa hotel syariah mungkin diperuntukkan khusus bagi muslim dan menggunakan konsep Islami dalam pelayanannya. Benarkah begitu? 

Pengertian Hotel Syariah

hotel syariah

Hotel yang Membawa Prinsip Islami

Hotel syariah merupakan sebuah penginapan yang operasionalnya menggunakan prinsip-prinsip ajaran islam. Dengan adanya konsep ini, maka tidak ada kesempatan yang dapat disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk melakukan praktik maksiat yang bertentangan dengan hukum syariah islam. Meski begitu, tempat ini diperuntukkan tidak hanya bagi muslim. Non-muslim pun dapat menginap di jenis penginapan ini. 

Sebuah penginapan dikatakan hotel syariah apabila memenuhi syarat berikut: 

  1. Menyediakan fasilitas masjid
  2. Kewajiban untuk mengumandangkan adzan di setiap lantai atau sudut hotel di tiap-tiap waktu shalat
  3. Melarang pertemuan di kamar hotel bagi tamu yang bukan muhrim dengan tamu yang menginap di hotel. Sebagai gantinya, pertemuan dapat dilakukan di tempat umum atau ramai seperti lobby maupun luar hotel.
  4. Tidak menyediakan pilihan minuman maupun makanan yang mengandung alkohol
  5. Tidak memberi izin pada pengunjung hotel yang menggunakan hotel sebagai tempat menggunakan obat-obatan terlarang
  6. Harus memiliki rekening yang menggunakan bank syariah
  7. Melarang laki-laki dan perempuan yang akan check in dalam kamar hotel yang sama sebelum membuktikan bahwa keduanya adalah suami istri dengan menunjukkan buku nikah yang sah
  8. Tidak memasang atau menempatkan hiasan, ornamen maupun lukisan makhluk bernyawa di luar maupun dalam hotel
  9. Wajib memiliki sertifikat Halal dari MUI

Pengunjung yang menginap di jenis hotel ini juga akan lebih mudah mendapatkan air bersih yang cukup untuk bersuci di setiap kamar kecil maupun rest room di hotel syariah. Baik untuk buang air kecil, buang air besar maupun untuk mandi. Dan ini mungkin jarang temukan di hotel konvensional. 

Perbedaan dengan Hotel Konvensional

hotel syariah

Tempat Menginap Lebih Ramah Muslim

Sebagai penginapan berlabel halal yang menggunakan konsep hukum Islami dalam operasionalnya, penginapan ini kerap dinilai sebagai hotel yang memberikan kenyamanan, keamanan serta ketentraman bagi para muslim. 

Dan berikut perbedaan antara hotel syariah dengan hotel konvensional.

  1. Waktu shalat tidak akan terlewat
  2. Memasang pengeras suara di beberapa bagian ruangan untuk memperdengarkan adzan di setiap waktu shalat. Sehingga Anda tidak akan melewatkan waktu shalat.
  3. Makanan yang terjamin halal
  4. Menjadi salah satu syarat pada penginapan ini, segala sesuatu yang ada di hotel dengan konsep ini tentu harus menyediakan makanan yang terjamin halal. Anda juga tidak akan menemukan makanan atau minuman yang mengandung alkohol. 
  5. Biaya sewa yang lebih murah
  6. Biaya sewa per malamnya lebih murah daripada hotel konvensional. Meski begitu fasilitasnya cukup memadai khususnya bagi muslim. Yang pasti Anda harus membawa buku nikah apabila akan menginap bersama pasangan, karena itu merupakan syarat untuk dapat menginap di hotel ini. 
  7. Ketersediaan air untuk bersuci yang mudah. Daripada di penginapan konvensional, air untuk bersuci atau berwudhu dapat Anda temukan dengan sangat mudah di setiap restroom maupun kamar kecil di penginapan ini. Sehingga Anda tidak perlu merasa cemas akan kesulitan mencari air untuk bersuci.

Demikian penjelasan mengenai hotel syariah serta perbedaannya dengan hotel konvensional. Seiring waktu hotel syariah akan hadir di banyak tempat di Tanah Air dilihat dari besarnya minat wisatawan muslim yang ingin melakukan perjalanan di Indonesia.  

 

You may also like...