Kenali Jenis Fintech di Indonesia dan Manfaatnya 

Sebelum membahas terlalu jauh mengenai jenis fintech di Indonesia, ada baiknya jika kamu paham terlebih dahulu apa itu fintech dan juga manfaatnya. Fintech adalah kependekan dari financial technology. Menurut NRC atau National Digital Research Center mendefinisikan fintech sebagai inovasi dalam bidang keuangan atau finansial

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dipahami jika manfaat fintech ini adalah mempermudah pembayaran, transfer dana, pinjaman, dan pengumpulan dana. Bahkan sampai dengan pengelolaan aset yang bisa dilakukan dengan bantuan teknologi. Di Indonesia sendiri banyak terdapat jenis fintech. 

4 Jenis Fintech di Indonesia

1. Peer-to-Peer (P2P) Lending dan Crowdfunding

jenis fintech di Indonesia

Jenis pertama adalah sistem P2P

Peer-to-Peer (P2P) Lending dan Crowdfunding yang juga disebut sebagai marketplace finansial. Platform seperti ini mampu mempertemukan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang memberikan dana sebagai sebuah modal atau investasi.  Nantinya investor akan mendapatkan bunga dari dana yang dipinjamkan.

Tidak menjadi rahasia publik lagi jika dana menjadi bagian yang paling penting dalam bisnis. Untuk itu, hadirnya fintech jenis ini diharapkan mampu membantu para pelaku bisnis UKM. Proses pembayaran fintech ini juga sangat mudah. 

Proses pembayaran melalui Peer-to-Peer (P2P) Lending dan Crowdfunding ini dapat dilakukan dalam suatu platform online. Sehingga lebih mudah dibanding fintech lainnya dan cenderung lebih diminati. Contohnya adalah Modalku, Investree, Amartha dan KoinWorks.

2. Manajemen Risiko Investasi

jenis fintech di Indonesia

Jenis fintech selanjutnya, manajemen resiko investasi

Fintech jenis ini memberikan layanan seperti robo advisor.  Sebuah perangkat yang memberikan layanan perencanaan keuangan dan platform e-trading dan e-insurance. Fintech jenis ini juga bisa memudahkan untuk memantau kondisi keuangan dan juga melakukan perencanaan keuangan agar lebih mudah dan praktis. 

Kamu bisa mengakses fintech jenis manajemen risiko ini melalui smartphone dengan mudah dan cepat. Selain itu cara yang ditempuh juga sangat mudah dan tidak ribet. Kamu tinggal memasukkan data yang dibutuhkan agar bisa mengontrol keuangan dengan baik. Contohnya adalah Bareksa, Cekpremi, dan Rajapremi.

3. Payment, Clearing, dan Settlement

Seperti yang kamu ketahui, akhir-akhir ini marak sekali startup finansial yang menyediakan payment gateway atau e-wallet. Kedua produk ini masuk ke dalam kategori payment, clearing, dan settlement. Melalui fintech ini, kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, pulsa, maupun belanjaan online lainnya.

Fintech jenis ini dimaksudkan untuk memberikan layanan sistem pembayaran. Baik yang diselenggarakan oleh industri perbankan maupun yang dilakukan Bank Indonesia. Meliputi BI-RTGS, Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI). Contohnya dalam hal ini adalah Kartuku, Doku, iPaymu, Finnet dan Xendit.

4. Market Aggregator

jenis fintech di Indonesia

Jenis fintech di Indonesia yang terakhir market agregrator

Jenis Fintech di Indonesia terakhir adalah market aggregator. Fintech ini mengacu pada portal yang mengumpulkan berbagai informasi terkait keuangan untuk disuguhkan ke target audiens atau pengguna. Berisi beragam informasi, tips keuangan, kartu kredit, dan investasi. Sederhananya, fintech ini berisi layanan informasi. 

Adanya fintech ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Agar sebelum mengambil keputusan terkait produk-produk finansial bisa membuat pertimbangan yang lebih matang. Outputnya, masyarakat bisa lebih yakin dalam memilih produk finansial.

Startup ini juga terbilang sangat lengkap. Pasalnya memberikan perbandingan produk mulai dari harga, fitur hingga manfaat. Contohnya adalah, Cekaja, Cermati, KreditGogo, dan Tunaiku. 

Itulah keempat jenis fintech di Indonesia. Setelah mengetahui apa itu fintech, dan apa saja manfaatnya, tidak ada salahnya jika kamu mencoba salah satunya. Hadirnya teknologi pastinya memberi kemudahan untuk kita, bukan sebaliknya. Selamat mencoba! 

You may also like...