Pahami Komponen Perencanaan Usaha untuk Bisnis yang Maju

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis adalah perencanaan usaha. Perencanaan usaha adalah setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau benda. Terdapat beberapa komponen perencanaan usaha yang harus dipahami oleh setiap pebisnis. 

Tentu usaha yang dilakukan dengan tekun dan kerja keras akan membuahkan hasil yang maksimal. Selain itu, juga diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang sebelum memulainya. Jadi, membuat perencanaan usaha di awal tahun yang menjanjikan tidak bisa diabaikan begitu saja. 

7 Komponen Perencanaan Usaha yang Penting untuk Diterapkan

komponen perencanaan usaha

Pentingnya Membuat Perencanaan Usaha

Perencanaan usaha dapat disebut sebagai business plan. Semua strategi dan perencanaan terkait jalannya bisnis akan dipaparkan dalam perencanaan ini. Oleh karena itu, dalam membuat perencanaan usaha ini juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Terdapat 7 (tujuh) komponen dalam menyusun rencana bisnis usaha (business plan). Semua bagian tersebut saling terkait dan berhubungan dalam kegiatan rencana bisnis sehingga menghasilkan sebuah persiapan yang baik untuk memulai bisnis usaha. Berikut adalah komponen penting dalam menyusun sebuah rencana bisnis usaha.

1. Ulasan Deskripsi Bisnis

Pada bagian ini, pebisnis bisa menuliskan secara singkat mengenai usaha yang sedang dijalankan. Tuliskan potensi produk dan kemungkinan pengembangannya. Juga berikan informasi peluang pasarnya serta kemungkinannya untuk bisa bertahan dan menyesuaikan di tengah persaingan yang ada. 

2. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan hal penting dalam sebuah usaha. Berhasil atau tidaknya suatu produk juga ditentukan dari strategi pemasarannya. Dalam melakukan strategi ini diperlukan berbagai perencanaan dan persiapan yang matang agar bisa berjalan dengan efektif dan baik. 

Untuk menjalankan strategi pasar, mulailah dengan analisis pasar. Analisis pasar adalah kekuatan yang kamu gunakan untuk menciptakan target pembeli. Kamu harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan. Pertimbangkan juga tentang segmentasi pasar.

3. Analisa Pesaing

komponen perencanaan usaha

Melakukan Analisa Pesaing

Proses analisis ini digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dalam pasar yang sama. Dalam analisis ini juga harus dibuat suatu ramuan agar calon pelanggan bisa lebih tertarik pada produk yang dijual dibandingkan pesaing lainnya. Selain itu, pikirkan keunggulan dari produk milik sendiri. 

4. Rencana Desain dan Pengembangan

Langkah selanjutnya untuk perencanaan usaha adalah merencanakan desain. Desain dan pengembangan menjadi langkah awal untuk membangun brand. Karena branding sebuah produk sangat dibutuhkan untuk profit usaha kedepannya. Hal ini juga akan mempengaruhi faktor penjualan. 

5. Rencana Operasional dan Manajemen

komponen perencanaan usaha

Membuat Rencana Manajemen dan Operasional yang Pasti

Pada tahap ini, kamu harus merencanakan bagaimana jalannya sistem operasional dan manajemen usaha. Rencana operasional akan fokus pada kebutuhan logistik perusahaan. Misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dan sebagainya. 

6. Pembiayaan

Faktor lain yang tak kalah penting dalam perencanaan usaha adalah biaya. Pembiayaan menjadi hal penting karena semua modal dan jumlah pengeluaran akan dihitung pada bagian ini. Oleh karena itu, dalam proses merencanakan pembiayaan juga tidak bisa dilakukan sembarangan. 

Pasalnya, jika pembuatan rencana pembiayaan dilakukan secara sembarangan, maka akan memberikan kerugian. Buat rencana yang jelas dan terukur dengan sistematis. Sesuaikan pemasukan, modal, dan biaya produksi serta harga jual yang diberikan untuk produk yang dijual. 

7. Kesimpulan Usaha

Setelah merencanakan keenam langkah di atas, langkah terakhir adalah kesimpulan usaha. Kesimpulan ini berisi uraian singkat mengenai bagaimana 6 langkah yang telah dijalankan sebelumnya. Dengan kesimpulan usaha ini, maka perencanaan usaha yang dimiliki  bisa dibaca dengan lebih mudah. 

Itulah 7 komponen perencanaan usaha yang harus diperhatikan oleh pebisnis. Jangan lupa untuk membuat perencanaan ini sebelum memulai bisnis. Dan semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua ya!

You may also like...