Kenali Macam-Macam Asuransi Kesehatan, Jangan Sampai Salah Memilih

Kenali Macam-Macam Asuransi Kesehatan, Jangan Sampai Salah Memilih! Kesehatan merupakan salah satu investasi berharga dalam hidup seseorang. Dengan kesehatan yang baik maka hidup dengan umur yang lebih lama akan terjamin. Dengan kesehatan yang baik juga, seseorang bisa hidup dengan bahagia bersama orang-orang terkasih. Salah satu cara untuk berjaga yakni dengan mengenali macam-macam asuransi kesehatan.

 

Akan tetapi, tidak ada yang pernah tahu dengan apa yang akan terjadi dalam hidup seseorang. Kesehatan seseorang bisa saja terganggu tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Dan tidak ada persiapan apapun untuk menghadapinya. Supaya tidak keteteran dalam menangani masalah kesehatan. Maka memiliki asuransi bisa dijadikan sebagai jaminan. Tetapi, supaya tidak salah memilih asuransi kesehatan maka harus diketahui terlebih dahulu perbedaan dan macam-macamnya sebagai berikut.

Badan Penyelenggara

Macam-macam asuransi kesehatan bisa dibedakan berdasarkan badan penyelenggara atau pihak yang memberikan jaminan kesehatan. Asuransi pertama dikelola pemerintah melalui BPJS Kesehatan dan juga Kartu Indonesia Sehat. Ada juga asuransi kesehatan yang dikelola oleh swasta. Pesertanya kebanyakan adalah para pegawai swasta atau orang-orang yang bekerja di luar lembaga dan instansi pemerintah.

Jenis Perawatan

Macam-macam asuransi kesehatan juga bisa dibedakan berdasarkan jenis perawatan yang diberikan. Berdasarkan bentuk perawatan, ada dua jenis asuransi yang bisa jadi pilihan. Asuransi kesehatan rawat inap dan rawat jalan. Asuransi rawat inap (in-patient treatment) berlaku untuk biaya perawatan yang diberikan selama pasien atau penerima asuransi dirawat inap di rumah sakit.

Sedangkan untuk asuransi rawat jalan (out-patient treatment), ada berbagai macam perawatan yang dipenuhi asuransi ini. Perawatan itu mencakup diagnosa, cek laboratorium, pengobatan. Rehabilitasi serta berbagai pelayanan kesehatan lainnya yang tidak mengharuskan seseorang untuk menginap di rumah sakit.

Keanggotaan

Keanggotaan atau keikutsertaan seseorang dalam suatu asuransi pun termasuk ke dalam macam-macam asuransi kesehatan. Berdasarkan keanggotaannya, asuransi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu wajib dan sukarela. Asuransi wajib biasanya diterapkan kepada karyawan di suatu perusahaan tertentu. Pembelian dan pembayaran polis mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku antara tempat kerja dan perusahaan asuransi.

Sedangkan asuransi sukarela dipilih berdasarkan keinginan dari orang itu sendiri. Tanpa adanya paksaan atau kewajiban yang mengharuskannya mengikuti suatu asuransi kesehatan tertentu. Pemilihan asuransi kesehatan sukarela biasanya disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pribadi masing-masing.

Apa yang Anda Dapatkan Ketika Menggunakan Asuransi Kesehatan?

Tanggungan

Macam-macam asuransi kesehatan juga bergantung pada tanggungan. Ada asuransi yang menanggung seluruh pelayanan kesehatan atau asuransi tanggungan total. Klaim asuransi akan disesuaikan dengan seluruh biaya yang tertera dalam polis. Tapi ada juga yang hanya menanggung biaya kesehatan yang besar saja seperti untuk biaya operasi akan tetapi tidak menutupi biaya kecil seperti diagnosa dan lainnya.

Selain tanggungan biaya kesehatan, ada juga tanggungan orang yang menerima asuransi. Tanggungan asuransi bisa untuk personal atau perseorangan, bisa juga untuk kelompok. Asuransi personal hanya akan menanggung biaya kesehatan satu orang saja. Sedangkan asuransi kelompok bisa digunakan untuk tanggungan kesehatan satu keluarga. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cara Klaim Asuransi

Ada dua macam cara mencairkan atau mengklaim asuransi. Pertama reimbursement di mana asuransi kesehatan akan cair belakangan. Cara ini mengharuskan penerima asuransi untuk membayar terlebih dahulu. Cara kedua adalah cashless yang sangat memudahkan anggota asuransi. Anggota asuransi hanya perlu memperlihatkan kartu keanggotaan kepada pihak rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun.

Setelah mengetahui macam-macam asuransi kesehatan, Anda tidak verlu kebingungan lagi menentukan asuransi jenis apa yang perlu dipilih. Dengan mengetahui perbedaan masing-masing asuransi maka akan menghindarkan Anda dari kesahpahaman dengan pihak asuransi. Pilihlah asuransi yang sesuai dan memenuhi semua kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga.

You may also like...