Jangan Sampai Lewatkan 5 Manfaat Berpikir Positif untuk Tubuh

Sebagai manusia kita memang memiliki kecenderungan untuk memiliki pikiran negatif pada suatu hal. Padahal, pikiran negatif yang berkembang justru akan memperkeruh masalah dan suasana yang ada. Oleh karena itu, pikiran positif akan jauh lebih baik untuk ditanamkan. Manfaat berpikir positif juga sangat banyak. 

5 Manfaat Berpikir Positif

Pikiran positif akan membuat suasana menjadi lebih baik dan juga tenang. Selain itu, dengan adanya pikiran yang positif, keadaan yang sedang kita alami tidak menjadi semakin keruh. Inilah 5 manfaat berpikir positif yang bisa didapatkan oleh kita: 

1. Mengatasi Stress

manfaat berpikir positif

Pikiran yang positif bisa mengatasi adanya stress

Saat seseorang selalu berpikir positif, maka tubuh akan tenang. Berbeda saat pikiran seseorang negatif. Pasti tubuh akan menjadi tegang, panik, munculnya ketakutan yang berlebihan, bahkan tak jarang juga bisa stress. Untuk itu, selalulah menanamkan pikiran positif  untuk menghindari stress.

Apalagi di tengah pandemi covid seperti ini. Semua orang dituntut untuk isolasi mandiri dan menjaga jarak agar tidak terkena droplet dan meminimalisir penyebaran covid. Kebijakan ini bagi sebagian orang cukup mengekang, bahkan bisa menimbulkan stress karena aktivitas bersosialisasi mereka berkurang. 

2. Menguatkan Resiliensi  Terhadap Masalah

Jika kamu selalu berfikir positif manfaat yang bisa didapatkan adalah kuatnya resiliensi. Ini merupakan kemampuan seseorang untuk menghadapi permasalahan yang muncul di kehidupan. Dengan selalu menjaga pola pikir positif, maka seseorang tidak akan terforsir dan menguatkan imun tubuh.

Dengan berpikir positif, maka akan membantumu untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada. Sehingga kamu bisa menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dan pikiran yang tenang. Dengan begitu permasalahan bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan tepat. 

3. Meningkatkan Kemungkinan Umur Panjang

manfaat berpikir positif

Kemungkinan umur panjang bisa bertambah dengan pikiran yang positif

Tahukah kamu, manfaat berpikir positif ternyata bisa meningkatkan kemungkinan seseorang memiliki umur panjang. Hal ini sudah ditindaklanjuti oleh Para peneliti di University of Pittsburgh School of Medicine. Dalam penelitian ini wanita menopause memiliki sifat optimis mengalami penurunan angka kematian. 

Selain itu, wanita tersebut juga memiliki hanya sedikit resiko terkena diabetes atau tekanan darah tinggi, yang kerap kali menjadi permasalahan bagi mereka yang pesimis. Maka dari itu, usahakan untuk selalu memiliki pikiran yang positif. Agar kemungkinan umur panjang bisa terjaga. 

4. Meningkatkan Sistem Imun

Berpikir positif juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini juga selaras dengan penelitian tahun 2003 oleh New York Times. Para peneliti menemukan bahwa seseorang yang sering berpikiran negatif hanya akan dapat melemahkan respon kekebalan tubuh terhadap flu. 

Hal ini karena aktivitas listrik di otak akan ikut terangsang negatif sehingga melemahkan imun terhadap flu yang diukur dengan antibodi. Untuk itu, menyikapi pandemi seperti saat ini, dimana virus merebak ada baiknya jika kamu selalu berpikir positif. Karena, pikiran negatifmu hanya akan menurunkan imun. 

5. Membuat Seseorang Lebih Tangguh

manfaat berpikir positif

Membuat seseorang menjadi lebih tangguh dan kuat

Selalu menjaga pikiran tetap positif membuat tubuh menjadi lebih tangguh. Seseorang yang tangguh pasti dapat menghadapi krisis atau trauma dengan kekuatan. Daripada menyerah dan hancur, maka lebih baik jika kita melanjutkan dan mengatasi kesulitan tersebut. 

Berpikir positif bisa memainkan peran terhadap ketangguhan seseorang. Apalagi ketika dihadapkan masalah. Para peneliti juga sudah menemukan bahwa di tengah krisis, berbagai masalah, bencana alam, maupun teror, seseorang dengan pikiran positif mendorong perkembangan dan memberikan tameng terhadap depresi. 

Itulah lima manfaat berpikir positif yang harus kamu pelihara. Jangan sampai mudah stress, dan menyerah ketika menghadapi sesuatu yang baru. Selalu berpikir positif agar tubuh lebih rileks ketika dihadapkan dengan suatu masalah atau tantangan baru.

You may also like...