Bagi penggemar pedas, Inilah Manfaat cabe Buat Kesehatan Kamu

Rasa pedas pada cabe tentu semua orang sudah mengetahuinya. bahkan ada sebagian orang yang merasa ‘belum lengkap’ makannya bila tidak dilengkapi dengan sambal di dalam menunya. Namun, banyak yang belum mengetahui manfaat cabe bagi kesehatan. 

Manfaat cabe itu sendiri memang dapat meningkatkan nafsu makan pengkonsumsinya. Karena dapat merangsang  produksi hormon endorphin. hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan, sehingga nafsu makan menjadi bertambah. manfaat cabe

Di Indonesia, yang penduduknya sangat kreatif, kebiasaan makan makanan pedas ini ditangkap sebagai peluang menciptakan berbagai makanan dengan level pedas yang bervariasi, dengan demikian banyak pilihan bagi yang ingin menikmati pedasnya cabe sesuai dengan ‘kemampuan’ mereka terhadap rasa pedas.

Tapi tahukah Kamu bahwa cabe tidak hanya bermanfaat  untuk menambah selera makan saja?.  Kandungan capsaicin pada cabe yang menimbulkan rasa pedas  juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Kita loh. Nah bagi yang gemar mengonsumsi makanan pedas, Kamu perlu mengetahui segudang manfaat tersembunyi dari cabe seperti berikut ini:

Manfaat Cabe Bagi Kesehatan Tubuh

1.  Menurunkan Kolestrol

manfaat cabe

Dengan cabe dapat menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah. Para dokter naturaphaty di Eropa lebih memilih memakai bubuk cabe sebagai ramuan obat yang berguna untuk membersihkan pembuluh darah.

2.  Sebagai Pelengkap Vitamin C

manfaat cabe

Konsumsi cabe rutin setiap hari, kemudian perhatikan sariawan anda, tentunya akan segera sembuh. Vitamin C yang dihasilkan cabe berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan pencernaan anda. Dengan adanya vitamin dalam cabe yang dikonsumsi tersebut akan membantu mempercepat proses pencernaan. Hal ini telah dibuktikan oleh ahli hermatologis bernama Sukan Visudhipan.

3.  Kandungan Vitamin A yang Tinggi

Manfaat cabe

Asupan vitamin A yang diberikan cabe  sangatlah tinggi. Vitamin A dibutuhkan untuk menjaga ketajaman mata kita. Dengan mencukupi asupan vitamin A dapat dipastikan penglihatan kita akan tetap normal.

4.  Dapat Menurunkan Gula Darah

manfaat cabe

Menurunkan kadar gula pada penderita diabetes militus. DHC (dihydrocapsaiscin) adalah senyawa yang dihasilkan cabe, memiliki kemampuan yang cukup memadai untuk marangsang metabolisme karbohidrat. Hal ini untuk menekan kelebihan kadar gula yang akan diserap tubuh kita.

5.  Kaya Antioksidan

manfaat cabe

Zat antosianin pada cabe adalah zat yang berguna sebagai antioksidan yang handal untuk melawan kanker. Namun penelitian saat ini telah membuktikan zat selain antosianin yaitu zat salanin-lah yang lebih utama mencegah kanker. Kedua zat tersebut menghasilkan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan pada pertumbuhan kanker.

6.  Penghilang Rasa Sakit Alami

manfaat cabe

Capsaicin yang ada pada cabai, dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan aterosklerosis, yaitu penyempitan dan penebalan arteri pada tubuh. Cabai dapat bekerja untuk melemahkan reseptor sensoruk dan juga memiliki efek anti-inflamasi.

6.  Dapat Meningkatkan Kognitif Dalam Tubuh

manfaat cabe

Tubuhmu memerlukan jumlah oksigen dan zat besi yang tepat untuk mencapai dan mempertahankan kinerja kognitif yang baik. Membumbui makananmu dengan cabai setiap hari dapat mengurangi kemungkinan tubuhmu mengalami gangguan kognitif seperti demensia dan penyakit Alzheimer ketika kamu sudah berusia tua.

7  Menghangatkan dan Mendinginkan Tubuh

manfaat cabe

Pada saat tubuh kita kedinginan DHC dan NDHC (narhidricapsaiscin) akan membantu menghangatkan tubuh. Namun saat tubuh kepanasan kedua senyawa tersebut akan mendinginkan suhu tubuh. Intinya menormalkan kembali suhu tubuh anda.

8.  Menghambat Virus Aids

manfaat cabe

Dalam kandungan cabe mengandung T- sel yaitu salah satu zat yang terkandung dalam sel darah putih. T-sel yang diproduksi cabe (bubuk cabe) mampu merusak secara bertahap perkembangan penyebaran virus AIDS pada tubuh penderita. Selain T-sel, zat lain yang membantu penyebaran perkembangbiakannya adalah zat interlankin-2.

Nah, banyak bukan manfaat cabe selain untuk penambah nafsu makan?, jadi tidak salah bila mulai menyisipkan makanan pedas dalam menu harian Anda secara berkala, walaupun demikian tetap  dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi cabe secara berlebihan.

You may also like...