Manfaat dan Jenis Produk Asuransi Jiwa

Perlu diketahui bahwa asuransi jiwa merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh setiap orang. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko apabila terjadi sesuatu sehingga bisa mengantisipasi masa depan. Akan tetapi nyatanya tidak semua orang memiliki asuransi, padahal kehidupan merupakan sesuatu yang sangat berharga dan perlu perlindungan. Bagian ini menggunakan asuransi maka usahakan untuk mempertimbangkan berbagai hal yang berkaitan dengan asuransi. Dengan demikian maka kehidupan bisa lebih sejahtera dan akan merasa aman.

4 Manfaat Memiliki Asuransi Jiwa

Pada dasarnya ada beberapa manfaat dari asuransi ini antara lain adalah sebagai berikut.

  • Investasi masa yang akan datang

Masa depan merupakan masa yang sangat berharga bagi setiap orang sehingga harus dipersiapkan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi ini. Apabila memiliki asuransi tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan investasi di masa depan. Hal ini sudah dibuktikan oleh cukup banyak orang ketika terdapat kebutuhan mendesak di masa yang akan datang.

  • Untuk tabungan

Perlu diketahui bahwa menabung pada asuransi ini adalah pilihan yang terbaik untuk mampu mengatasi kebutuhan yang bersifat jangka panjang. Hal ini dikarenakan sifat dari pembayaran premi yang cenderung wajib dan teratur serta tidak begitu saja bisa diambil sewaktu-waktu. Untuk itu maka asuransi ini bisa untuk tabungan masa depan.

  • Perlindungan aset

Ketika yang tertanggung asuransi mengalami musibah misalnya meninggal dunia maka sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati bahwa asuransi jiwa kemudian menawarkan uang tanggungan secara langsung pada penerima manfaat. Uang tersebut kemudian bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pajak ketika proses pewarisan aset-aset yang dimiliki seperti halnya pajak balik nama properti dan biaya notaris guna mencairkan deposito. Uang tanggungan yang didapatkan dari asuransi tersebut mampu memastikan pada anggota keluarga yang sudah ditinggalkan untuk mampu melakukan pembayaran semua biaya.

  • Menentramkan pikiran

Risiko buruk dalam kehidupan tentu dimiliki oleh setiap orang sehingga perlu melakukan tindakan untuk mampu meminimalisasi risiko yang ada. Dengan menggunakan asuransi maka bisa menentramkan pikiran karena hal-hal buruk yang mungkin terjadi bisa menjadi sebuah beban pada pikiran. Dengan memiliki asuransi maka keluarga tertanggung akan tetap bisa menjalani kehidupan setelah kepergian dari tertanggung tersebut.

Jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya asuransi jiwa mempunyai beberapa jenis dimana masing-masing dari jenis produk mempunyai kegunaan yang berbeda. Berikut ini merupakan beberapa jenis produk dari asuransi.

– Asuransi Dwiguna

Asuransi ini merupakan jenis asuransi yang memiliki tabel keuntungan. Manfaat yang pertama yakni bisa menerima uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia. Sementara manfaat kedua yakni jika tertanggung masih dalam keadaan hidup sampai saat kurun waktu berakhir maka tertanggung tersebut memiliki hak untuk bisa mendapatkan uang pertanggungan secara keseluruhan. Asuransi dwiguna ini disebut sebagai endowment.

– Asuransi Berjangka

Asuransi ini merupakan kebijakan paling murah dan sederhana yang bisa diambil dalam jangka waktu tertentu saja seperti waktu 5 hingga 30 tahun. Asuransi ini bertujuan untuk memberikan ketersediaan kebutuhan temporer seperti pendidikan, properti rumah, pembayaran hipotek, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa jenis produk asuransi ini cocok bagi orang-orang yang memiliki kebutuhan asuransi besar akan tetapi mempunyai daya beli terbatas.

– Asuransi Seumur Hidup

Asuransi seumur hidup yakni asuransi yang memiliki sifat permanen dan memberikan perlindungan berupa asuransi selama masa hidup. Apabila ingin manfaat lebih dari santunan terkait kematian atau yang suka mengenai tabungan jangka panjang maka bisa memilih asuransi jiwa seumur hidup atau whole Life. Asuransi ini cocok bagi orang-orang yang ingin mendapatkan perlindungan jiwa yang sekaligus mempunyai tabungan untuk keperluan darurat seperti tagihan rumah sakit. Apabila ingin mendapatkan layanan asuransi ini maka bersiaplah membayar premi dengan jumlah yang lebih besar.

You may also like...