Demi Hidup Lebih Sehat, Ini Manfaat Vegetarian yang Wajib Dicoba

Semakin banyak orang menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Karenanya semakin banyak orang tertarik menjadi vegetarian. Ada banyak alasan, mulai dari menjaga berat badan, hidup sehat, hingga alasan kecantikan. Akan tetapi, dari berbagai alasan tersebut dapat diketahui manfaat vegetarian ternyata banyak. 

Vegetarian merupakan sebutan yang ditujukan pada orang yang hanya mengkonsumsi makanan jenis tumbuhan. Tidak mengkonsumsi makanan dari hewan seperti daging, dan unggas. Namun, ada beberapa vegetarian yang mengkonsumsi jenis ikan dan sebagian produk olahan yang terbuat dari hewani, seperti keju dan susu. 

Manfaat Vegetarian Untuk Tubuh

Dengan adanya berbagai manfaat bagi tubuh, vegetarian sangat dianjurkan untuk dilakukan sebagai gaya hidup. Apalagi jika ditambah dengan olahraga dan kebiasaan sehat lainnya. Lalu jika telah beralih ke makan sehat, apa saja manfaat utama vegetarian?

1. Menjaga Berat Badan

manfaat vegetarian

Berat Badan Bisa Tetap Terjaga

Manfaat utama vegetarian yang pertama yaitu dapat menjaga berat badan. Mengkonsumsi daging secara terus menerus akan menaikan berat badan seseorang. Berbeda dengan vegetarian, seorang vegetarian yang umumnya mengkonsumsi sayuran akan memiliki berat badan yang lebih terjaga. 

Antioksidan serta serat yang terkandung dalam sayuran diyakini sebagai penyebab bahwa sayuran membantu menjaga berat badan vegetarian. Jika sedang diet, pola makan vegetarian sangat baik dilakukan. Selain itu, menjadi vegetarian dapat membuat kenyang lebih lama,  tentunya frekuensi ngemil pun akan berkurang.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Bersumber hasil penelitian, beberapa ahli menyebutkan bahwa vegetarian cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Disebutkan juga proses pencernaan tubuh manusia kerap diperlambat oleh makanan hewani. Karenanya vegetarian akan tidur lebih nyenyak karena pencernaan yang lebih cepat dan lancar. 

Vegetarian biasanya menjalani gaya hidup sehat. Misalnya seperti menghindari makanan junk food, berolahraga, tidak merokok. Menjadikan seorang vegetarian selain memiliki tubuh sehat yang terjaga  juga memiliki kualitas tidur lebih nyenyak. 

3. Mood Akan Membaik

manfaat vegetarian

Olahraga dan Vegetarian Bisa Membuat Mood Lebih Baik

Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi mood Anda. Mulai dari waktu tidur, pola olahraga, sampai makanan yang Anda konsumsi. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan, bahwa kandungan kimiawi yang diproduksi makanan hewani. Menjadi penyebab terganggunya mood. 

Dengan demikian, pola makan vegetarian yang mengurangi makanan hewani dapat membuat mood Anda semakin baik. Dengan mood yang semakin baik tersebut. Tentunya akan semakin membuat Anda semangat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

4. Kondisi Kulit Membaik

Menjadi vegetarian tidak berarti jaminan Anda mendapatkan kulit yang bersih bebas jerawat karena ada juga orang yang bukan vegetarian memiliki kulit yang baik. Namun, berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, menyatakan terdapat kaitan antara pola makan vegetarian dengan kondisi kulit yang membaik. 

Hal tersebut terjadi karena kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi dalam sayur serta buah-buahan. Turut diperkuat dengan pendapat salah satu beauty influencer, Paola Tambunan. Ia menyebutkan bahwa menjadi vegetarian membuat kulitnya terasa lebih sehat juga.

5. Kadar hormon Lebih Seimbang

manfaat vegetarian

Membuat Hormon di Tubuh Menjadi Seimbang

Mungkin Anda sudah tidak asing mendengar banyak produk hewani kerap diberi tambahan hormon yang dapat mengganggu kadar hormon dalam tubuh Anda. Terutama pada daging ayam dan sapi. Itulah kenapa beralih ke makan sehat dapat membantu menjaga kadar hormon Anda agar tetap seimbang. 

Selain itu, para vegetarian juga mendapatkan banyak sumber fatty acids yang berasal dari minyak kelapa, minyak zaitun, alpukat, dan chia seeds. Ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sumber fatty acids tersebutlah yang menjadi faktor penting hormon yang seimbang. 

Itulah manfaat vegetarian yang bisa Anda rasakan sendiri bagaimana manfaatnya untuk tubuh. Dengan menjadi vegetarian dan menambah berbagai kebiasaan baik seperti olahraga, maka hidup akan lebih sehat dan bugar. Jadi, tunggu apalagi? Segera ubah kebiasaan dan gaya hidup Anda ya!

You may also like...