Inilah 5 Masjid Tertua di Indonesia dengan Informasi Sejarahnya 

Sebagai negara dengan mayoritas Islam terbanyak, tidak asing lagi jika di Indonesia banyak dijumpai masjid yang bersejarah. Tidak hanya berusia ratusan tahun, berbagai masjid tertua di Indonesia berikut ini juga menyimpan jejak-jejak sejarah persebaran Islam di Indonesia yang sayang dilewatkan. 

5 Masjid Tertua di Indonesia

Dari deretan masjid ini, kita bisa mengetahui bagaimana sejarah penyebaran agama Islam di Nusantara. Selain itu berbagai masjid ini juga bisa menjadi objek wisata religi yang patut dikunjungi. Inilah 5 masjid tertua di Indonesia:

1. Masjid Saka Tunggal Banyumas

masjid tertua di Indonesia

Keunikan Masjid Saka Tunggal yang ada di Banyumas

Masjid tertua di Indonesia yang pertama adalah Masjid saka yang terletak di Banyumas. Masjid ini didirikan pada tahun 1288. Faktanya, masjid ini masih sangat erat dengan perjalanan sejarah persebaran persebaran Islam di Cikakak oleh tokoh penyebar Islam, Mbah Mustolih pada era Kesultanan Mataram Kuno.

Pada tahun ini pula, Indonesia masih belum sepenuhnya merdeka. Sehingga masjid saka ini menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Nusantara melawan penjajah.Tidak hanya sarat akan nilai sejarah dan saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah, nyatanya masjid tertua di Indonesia ini memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan tersebut adalah bangunan masjidnya yang hanya ditopang oleh satu tiang penyangga tunggal. Itulah mengapa masjid ini bernama “Saka Tunggal.” Tidak heran jika masjid ini penuh dengan cerita sejarah dan keunikan yang mengagumkan. 

2. Masjid Tuo Kayu Jao

Lokasi masjid ini adalah di daerah Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Selain menjadi tempat peribadatan, ternyata masjid ini merupakan salah satu cagar budaya di Sumatera Barat.

Masjid ini dibangun pada 1599, jauh sebelum Indonesia merdeka. Karena terletak di Sumatera Barat, tak heran jika masjid ini mempunyai bentuk arsitektur dipengaruhi corak Minangkabau. Keunikan dari masjid ini adalah memiliki tiga tatanan atap tingkat yang terbuat dari ijuk dengan ketebalan sekitar 15 cm.

3. Masjid Menara Kudus

masjid tertua di Indonesia

Berwisata ke Masjid Menara yang ada di Kudus

Masjid tertua di Indonesia selanjutnya adalah Menara Kudus yang disebut-sebut sebagai Masjidil Aqshanya orang Kudus. Hal ini karena arsitektur masjidnya yang dibangun mirip dengan Masjid Al-Aqsa yang berada di Palestina. Masjid Menara Kudus ini dibangun pada tahun 1549.

Masjid ini berada di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Keunikan masjid ini adalah dibangun oleh salah satu wali songo, yaitu Sunan Kudus – Syekh Ja’far Shodiq. Buktinya adalah instrumen menaranya yang berbentuk candi karena menggambarkan perpaduan budaya Islam dengan Hindu di masa lampau.

4. Masjid Agung Demak

Salah satu masjid tertua yang juga dibangun oleh salah satu wali songo adalah masjid agung demak. Masjid ini dibangun pada abad ke-15 dan dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para Wali Songo di masa itu. Raden Patah, yang merupakan salah satu wali songo lah yang membangun masjid ini.

Keunikan dari masjid ini adalah bentuk atap limas bersusunnya yang digadang-gadang menjadi cikal bakal gaya arsitektur hingga sampai saat ini. Masjid agung demak sendiri masih tetap kokoh berdiri sampai detik ini, dan menjadi saksi bisu penyebaran dakwah Islam di Demak, Jawa Tengah.

5. Masjid Wapauwe

masjid tertua di Indonesia

Berada di Maluku, inilah Masjid Wapauwe yang kaya akan kesejarahan

Masjid tertua selanjutnya berasal dari Kaitetu, Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku yang berdiri sejak 1414. Masjid dengan nama Wapauwe ini dikenal sebagai pusat penyebaran Islam di Maluku pada masa lampau. 

Selain itu, masjid ini memiliki beberapa keunikan yaitu adanya gaba-gaba yang terbuat dari pelepah sagu yang dikeringkan dan beratapkan daun rumbia. Tidak hanya itu, bentuk bangunan masjid ini bujur sangkar dengan konstruksi bangunan induknya dirancang tanpa memakai paku atau pasak pada setiap sambungan kayu.

Itulah lima masjid tertua di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai tempat destinasi sejarah keagamaan. Dengan berkunjung ke berbagai masjid ini kita bisa melihat betapa unik dan luar biasanya persebaran Islam di Nusantara. Jadi, jangan lupa mengunjungi berbagai masjid ini ya! 

 

You may also like...