Cara Jitu Melek Finansial Agar Keuangan Stabil dan Terukur

Pengelolaan keuangan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan tujuan, perhitungan, dan perencanaan yang baik, keuangan yang dimiliki bisa menjadi stabil dan kuat. Jika pengelolaan keuangan yang kamu lakukan sudah baik, maka kamu bisa mencapai tahap yang disebut sebagai melek finansial.

Melek finansial adalah istilah yang diberikan kepada orang-orang yang mampu mengatur keuangan mereka dengan baik. Dengan pengelolaan ini hidup mereka bisa stabil. Terutama dalam bidang keuangan. 

5 Langkah untuk Melek Finansial yang Bisa Dilakukan

1. Membuat Catatan Pengeluaran

melek finansial

Jangan Lupa Selalu Catat Setiap Keuangan yang Masuk atau Keluar

Meskipun terlihat sepele, membuat catatan pengeluaran ternyata sangat penting untuk mengatur masalah finansial. Hal ini merupakan langkah awal yang bisa kamu lakukan. Pasalnya, dengan mencatat setiap pengeluaran kecil akan membuat diri terkontrol dan tidak berlebihan dalam membelanjakan sesuatu.

Misalnya saja, dari catatan pengeluaran ternyata kamu terlalu berlebihan dalam membelanjakan make up. Maka kamu bisa mengatur sisa uang untuk dana yang lain dan mengurangi pembelanjaan untuk produk yang sama. Dengan begitu pengeluaran selanjutnya bisa lebih terukur. 

2. Selalu Siapkan Dana Darurat

Melek finansial, akan membuatmu semakin terencana dan menghormati uang meskipun sedikit. Karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di hari berikutnya. Untuk itu, pastikan kamu menyiapkan dana untuk kebutuhan darurat yang bisa saja sewaktu-waktu datang menghampiri.

Dengan memiliki dana simpanan, pastinya hidupmu akan terasa tenang dan merasa tercukupkan. Jangan pernah berpikir, untuk apa menyimpan dana. Karena semua kebutuhan akan membutuhkan yang namanya uang. Untuk itu, cobalah untuk berpikir maju dan tinggalkan egomu untuk sesaat.

3. Segera Lunasi Hutang

melek finansial

Upayakan Sesegera Mungkin Lunasi Hutang

Jika kamu mempunyai hutang, segeralah untuk melunasinya. Karena melunasi hutang juga menjadi salah satu cara untuk memperbaiki masalah finansial mu. Hentikan kebiasan kredit uang, jika kamu mempunyai hobi yang satu ini. 

Meskipun terkesan tidak mempengaruhi keuangan, kebiasaan kredit bisa mendorong gaya hidup konsumtif. Sehingga cenderung banyak belanja dan tidak memikirkan kebutuhan yang lebih penting. Kredit juga menjadi salah satu alasan untuk menumpuknya utang. Untuk itu, hindarilah kebiasaan ini.

4. Selalu Upgrade Pengetahuan Finansial

Langkah selanjutnya yang harus kamu kuasai dalam melek finansial, pastinya adalah meng-upgrade pengetahuanmu. Milikilah pengetahuan finansial dari dasar, hingga ke solusi yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Jika kamu sama sekali belum memiliki pengetahuan finansial dasar, belajarlah mulai saat ini juga.

Pengetahuan finansial yang baik adalah salah satu bekal untuk mengelola keuangan sehingga bisa terwujud tujuan finansial yang kamu inginkan. Kamu bisa belajar dari buku, pengalaman orang lain yang sukses di bidangnya. Juga berkonsultasi langsung dengan pakarnya.

5. Memiliki Target yang Jelas

melek finansial

Buat Target Keuangan yang Terarah dan Jelas

Setelah keempat cara di atas telah dilakukan, langkah terakhir adalah memiliki target dan tujuan yang jelas. Target dan impian yang jelas, akan membuatmu semangat dan tidak mudah putus asa ketika menghadapi masalah di tengah jalan. Adanya target yang jelas juga menentukan keberhasilan seseorang.

Memiliki target yang jelas untuk masalah finansial, akan membuatmu semakin terarah dan bisa memotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi. Pastikan jangan membuat target yang terlalu muluk-muluk. Cukup buat list target sederhana saja, tetapi pasti bisa kamu raih dan kerjakan.

Itulah kelima cara yang bisa kamu terapkan untuk mencapai tahap melek finansial. Karena sejatinya, melek finansial menjadi salah satu perubahan terbesar yang bisa terjadi dalam hidupmu. Mulailah dengan hal kecil di sekitarmu, sebelum hal besar itu dapat terwujud di tanganmu.

You may also like...