Kiat Memilih Tabungan Haji yang Sesuai Pendapatan

Haji merupakan rukun islam kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa. Ibadah haji ini dianjurkan bagi mereka yang mampu, mampu di sini berarti mampu secara biaya, kesehatan, keamanan serta nafkah bagi keluarga yang ditinggal melakukan ibadah haji. Biaya yang diperlukan untuk melakukan ibadah haji tidak sedikit. Setidaknya Anda membutuhkan sebesar 35 juta untuk dapat melaksanakan ibadah haji ini. Menyiapkan dana untuk ibadah haji juga tidaklah mudah. Namun, Anda bisa mengumpulkan uang untuk biaya haji dengan membuka tabungan haji yang saat ini sudah banyak tersedia. 

Konsep Tabungan Haji

tabungan haji

Bank Syariah sebagai Tempat Menabung Dana Haji

Konsep tabungan haji merupakan salah satu pilihan yang dibuat oleh banyak lembaga keuangan seperti bank sebagai salah satu cara supaya Anda dapat mengumpulkan dana berangkat haji dengan segera. Anda dapat membuka tabungan ini di bank-bank yang telah menyediakannya. Umumnya bank-bank dengan konsep syariah, tapi tidak menutup kemungkinan apabila bank konvensional juga menyediakan program tabungan seperti ini. 

Memiliki tabungan haji sendiri akan memberikan manfaat bagi Anda yang ingin segera melakukan ibadah haji. Salah satunya adalah menjadikan Anda lebih disiplin dalam menabung. Memiliki tabungan haji cocok bagi Anda yang memiliki kesulitan dalam mengatur keuangan, dengan begini, Anda akan menjadi lebih disiplin dan teratur menyetorkan untuk dana naik haji. 

Syarat yang Harus Dipenuhi Untuk Mulai Menabung

Syarat membuka tabungan ini akan tergantung dari bank mana Anda akan menggunakan program menabung tersebut. Tiap-tiap bank menetapkan ketentuannya masing-masing. Tapi pastinya, Anda harus membawa kartu identitas resmi seperti KTP, SIM, Paspor dan NPWP. Beberapa bank juga mewajibkan Anda untuk menunjukkan Kartu Keluarga, akta lahir, surat nikah, maupun ijazah. Serta dengan memberikan setoran awal. 

Memilih Tabungan Haji Sesuai Pendapatan

tabungan haji

Memilih Bank yang Sesuai

Walaupun telah disediakan sistem tabungan untuk dapat memperoleh dana haji yang dibutuhkan, akan tetapi masih banyak yang kesulitan untuk bisa melaksanakan program menabung ini. Hal tersebut dikarenakan program menabung yang mereka pilih tidak sesuai dengan kemampuan atau pendapatan mereka. Sehingga, pada saat proses menabung nasabah malah mengalami kesulitan untuk dapat memberikan tabungan secara rutin. Maka dari itu, memilih jenis tabungan sesuai pendapatan menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan. 

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa bank yang menawarkan program dana haji dengan syarat dan kewajiban membayar yang berbeda-beda. Mulai dari Bank BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan Bank Muamalat. Masing-masing bank tersebut memiliki syarat, ketentuan, dan kewajiban membayar yang berbeda-beda. 

Cara memilih jenis tabungan yang sesuai dengan pendapatan Anda, adalah dengan mencari bank mana yang paling sesuai dengan kemampuan membayar iuran yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mencari info terlebih dahulu mengenai berbagai fasilitas, kelebihan, syarat, dan kewajiban membayar dari beberapa bank yang menyediakan fitur dana haji. Setelah itu, bandingkan dan pertimbangkan dengan matang mana yang paling sesuai dengan kemampuan pendapatan Anda. Dan baru setelah itu, buka rekening pada bank yang sudah Anda putuskan. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih ringan dalam hal kewajiban membayar tersebut. 

Nah, itulah informasi mengenai tabungan haji dan bagaimana cara memilih tabungan yang sesuai dengan pendapatan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda yang sedang mempersiapkan dana haji. Jangan lupa menabung dan tetap semangat!

You may also like...