Mengenal Asuransi Kesehatan Cashless Lebih Dekat 

Di era yang semakin canggih dan modern seperti sekarang, model pembayaran cashless memang menjadi primadona banyak orang. Begitupun dengan produk asuransi kesehatan saat ini. Asuransi kesehatan cashless banyak dipilih sebagai antisipasi ketika sakit dan sedang tidak memiliki cukup dana.  

Cashless artinya tanpa uang tunai. Asuransi kesehatan ini akan menghubungkan langsung pihak asuransi dengan rumah sakit. Segala tagihan akan langsung ditagihkan pada perusahaan asuransi. Ini membuat nasabah tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan perawatan maupun saat meninggalkan rumah sakit. 

Maka bagi Anda yang ingin memiliki asuransi kesehatan ini harus mengetahui apa saja peran rumah sakit. Selain itu juga harus mengetahui jenis perawatan yang ditanggung oleh pihak asuransi dan berapa banyak yang dapat dibayarkan oleh mereka. Inilah yang membuat mengenal asuransi kesehatan cashless menjadi penting. 

Cara Kerja Asuransi Kesehatan Cashless

asuransi kesehatan cashless

Sistem Asuransi Tanpa Uang Tunai

Perusahaan asuransi kesehatan cashless memiliki perjanjian dengan berbagai rumah sakit. Menyatakan bahwa para pasien dengan asuransi jenis ini tidak perlu membayar untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit tersebut. Ada dua jenis pelayanan yang didapatkan melalui asuransi kesehatan ini, yaitu:

1. Perawatan yang Direncanakan

Saat sudah mengetahui kapan akan menjalankan perawatan di rumah sakit mana. Bawa kartu asuransi serta data diri Anda ke sana dan mintalah formulir untuk otorisasi mengenai perawatan yang akan Anda jalani. Formulir tersebut nantinya ada yang diisi oleh pasien, ada pula yang harus diisi oleh dokter. 

Lalu formulir diserahkan pada perusahaan asuransi. Setelah perusahaan memeriksa identitas Anda. Pihak ketiga akan memprosesnya untuk mengetahui apakah pengajuan klaim asuransi kesehatan Anda diterima atau ditolak. Apabila diterima pihak ketiga akan menghubungi rumah sakit untuk membayarkan biaya perawatan.

2. Perawatan Darurat

Jika memerlukan perawatan darurat, pastikan bahwa mengurus klaim asuransi ini dalam waktu 24 jam setelah masuk rumah sakit. Tunjukkan kartu penyedia informasi asuransi pada pihak rumah sakit, lalu mengisi formulir yang diharuskan. Biasanya pihak ketiga dapat memproses klaim asuransi darurat ini dalam waktu enam jam. 

Kelebihan Asuransi Sitem Non Tunai

Dengan membawa metode tanpa uang tunai, tentu jenis asuransi ini akan lebih memudahkan nasabah. Terutama nasabah asuransi kesehatan yang mempunyai penyakit tertentu dan membutuhkan penanganan kesehatan yang cepat dan tidak ribet. Berikut beberapa kelebihan asuransi ini: 

1. Pembayaran dan Proses Waktu Klaim Cepat

asuransi kesehatan cashless

Klaim yang Tergolong Cepat

Asuransi kesehatan cashless memiliki metode yang lebih mudah. Anda tidak harus mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan di rumah sakit. Semua biaya tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi secara langsung. 

Berbeda dengan metode reimburse yang mengharuskan Anda membayar tagihan rumah sakit dengan uang pribadi terlebih dahulu. Lalu harus menyimpan nota asli dari rumah sakit. Juga mengumpulkan dokumen  yang dibutuhkan sampai menunggu proses pencairan. 

2. Perlindungan Lebih Lengkap

asuransi kesehatan cashless

Memberikan Jaminan Perlindungan Lebih Lengkap

Kartu cashless memiliki fitur yang lebih banyak untuk biaya penggantian rumah sakit yang ditanggung dibandingkan dengan sistem reimburse. Umumnya jika asuransi kesehatan reimburse hanya mengganti biaya kamar per hari, biaya operasi, dan biaya obat-obatan saja. 

Sedangkan untuk fitur asuransi dengan kartu cashless bisa menanggung biaya penggantian lebih lengkap. Seperti biaya kamar, biaya obat-obatan, biaya konsultasi dokter, biaya operasi, biaya sebelum dan sesudah rawat inap, biaya rawat jalan, kecelakaan, dan sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai asuransi kesehatan cashless, pengertian, cara kerja serta kelebihannya secara lebih lengkap. Dengan ini semoga akan semakin banyak orang yang beralih menggunakan asuransi ini karena lebih efisien untuk digunakan. Semoga bermanfaat ya!

You may also like...