Ini 7 Bahan Alami, Mengobati Radang Tenggorokan yang Ampuh

Pernah mengalami radang tenggorokan? Rasanya tak menyenangkan, kan? Apalagi saat menelan makanan. Keadaan ini bisa dialami segala lapis usia dan diikuti dengan flu dan batuk serta demam yang semakin memperburuk keadaan. Meski sebenarnya tak berbahaya. Sakit tenggorokan merupakan rasa sakit, kering, atau gatal di tenggorokan dan merupakan salah satu gejala paling umum yang terjadi. Sebagian besar penyakit ini disebabkan oleh infeksi atau oleh faktor lingkungan seperti udara kering. 

Radang tenggorokan

Anda tak ingin kan, susah menelan makanan atau susah berbicara karenanya? Oleh sebab itu, Anda harus segera mencari jalan keluar dari penyakit ini. Nah, sebelum Anda mencari tahu jalan keluarnya, sebaiknya Anda juga mengetahui apa saja penyebab dan gejala awalnya sehingga bisa mencegahnya. Lalu, apa sebenarnya penyebab dan bagaimana gejalanya?

Penyebab Radang Tenggorokan

Pada umumnya, radang tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan ini diakibatkan oleh virus.  Biasanya disebabkan oleh virus yang sama dengan virus penyebab flu dan batuk atau penyakit saluran pernapasan lainnya. Malah terkadang, penyakit pada saluran pernapasan itu juga datang secara berbarengan. Selain disebabkan oleh virus, penyakit ini juga bisa juga disebabkan oleh bakteri streptokokus.

Masih ada penyebab lainnya seperti paparan bahan kimia yang berasal dari asap rokok, alergi atau postnasal drip, bisa juga diakibatkan oleh cedera karena gesekan dari fragmen tulang Anda. Penyebab lainnya yang sebenarnya jarang ditemukan bisa jadi karena perawatan medis tertentu. Sebut saja amandel atau operasi kanker dengan kemoterapi atau radiasi.

Gejala Radang Tenggorokan

Setelah mengetahui berbagai hal yang menyebabkan radang tenggorokan terjadi  sebaiknya Anda juga harus mengetahui gejala awalnya. Mengetahui gejala awal ini bertujuan agar supaya Anda bisa bertindak secepatnya agar sakitnya tidak menjadi parah.

Demam, sakit kepala, mual dan lemah adalah gejala awal dari penyakit yang satu ini. Untuk beberapa kasus biasanya, gejala disertai dengan suara yang serak dan cenderung diikuti dengan batuk dan pilek. Tanda yang tak bisa dilihat tapi bisa Anda rasakan adalah tanda kemerahan pada orofaring.

Tanda ini bisa Anda lihat pada bagian faring dari mulut. Lalu, kelenjar getah bening leher yang membesar dan sakit saat ditelan. Anda juga akan mengalami kesulitan bernapas serta cenderung meludah karena sulit menelan ludah. Mendeteksi gejala awal ini memang memerlukan kejelian namun tidak rumit seperti yang Anda bayangkan. 

7 Bahan Alami Solusi Atasi Radang Tenggorokan

Nah, setelah Anda mengetahui penyebab serta gejala dan merasa sedikit tidak enak di tenggorokan sebaiknya langsung saja coba obat-obat natural atau alami di bawah ini yang aman dan ampuh. Jangan ditunggu sampai sudah parah ya!

1.  Konsumsi Madu

Madu memiliki enzim glucose oxidase yang berfungsi sebagai anti-bakteri dan antiseptik. Madu juga menyelimuti bagian radang tenggorokan yang kering dan gatal sehingga membuat kamu merasa lebih nyaman.

Kamu bisa konsumsi langsung 1-2 sdm madu atau campurkan dengan teh, air hangat, atau susu hangat.

Madu Manuka sering digunakan untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Madu khusus ini memiliki kadar nutrisi 4 kali lebih banyak dari madu biasa.

Madu Manuka juga kaya akan antioksidan dan properti anti-bakteri, sehingga digunakan khusus untuk membantu strep throat.

Penting diingat, jangan memberikan madu untuk anak dibawah usia 1 tahun karena madu memiliki bakteri khusus yang tidak baik untuk anak dalam usia tersebut.

2. Jeruk Lemon

Jeruk lemon memiliki asam yang berperan untuk menangkal radang tenggorokan dan membunuh virus dan bakteri. Buah ini juga kaya akan vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya  yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Sangat sehat untuk diminum sehari-hari! Selain itu, lemon juga merangsang produksi air liur yang menjaga kelembaban tenggorokan.

Cara memanfaat kan lemon untuk obat alami radang tenggorokan:

Campur ½ jus lemon dan campur dengan air untuk dijadikan minuman.

3.  Air Kunyit

Rempah ini merupakan memiliki kandungan antioksidan sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius salah satunya sebagai cara mengatasi radang tenggorokan.

Untuk meredakan radang tenggorokan, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

4. Cabai Cayenne

Cabai cayenne atau cayenne pepper cocok untuk kamu yang suka makanan pedas. Cabai ini memiliki unsur aktif bernama capsaicin yang efektif sebagai obat anti-inflamasi dan anti-bakteri.

Kamu akan merasa jauh lebih baik karena cabai ini akan meredakan pembengkakan dan menghilangkan infeksi.

Campur ¼ gelas air panas dan 2 sdm cabai cayenne. Bisa ditambah dengan 1 sdm garam untuk ramuan yang lebih efektif. Aduk selama 60 detik. Kumur selama 10 detik lalu buang.

5.  Air Garam

Mungkin kamu bingung kenapa air garam? Air garam ini salah satu ramuan natural yang terbukti paling gampang dan ampuh!

Air garam berfungsi seperti magnet dalam air yang menangkap dan membunuh bakteri kuman dan virus. Selain itu, kumur dengan air garam bisa melembabkan tenggorokan yang kering.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan air garam:

Campur 1 sendok makan (sdm) garam dengan 1 cangkir air hangat. Kemudian Kumur selama 30 detik setiap 1 jam, lalu buang.

6.  Cuka Apel

Cuka apel atau apple cider vinegar (ACV) merupakan produk antibakteri natural. Tingkat keasaman cuka apel dapat membantu meredakan dahak pada tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Sekitar 80% merasa lebih baik setelah mencoba pengobatan ini loh! Berikut cara-cara untuk menggunakan cuka apel sebagai obat alami:

Teguk langsung tanpa dilarutkan dengan air. Kamu hanya perlu meneguk cuka apel sedikit saja setiap 30 menit. Pastikan minum banyak air setelah meneguk. 

Kumur dengan cuka apel setiap hari. Jangan lupa setelah itu kumur dengan air untuk menghilangkan asam di gigi. Disarankan untuk tidak menggosok gigi 30 menit setelah mengkumur dengan cuka apel. 

Larutkan 2 sdm cuka apel dalam air. Lalu kumur. Ulangi 1-2 kali setiap jam.

Campurkan 1 gelas air hangat, 1 sdm madu, dan cuka apel. Minum selagi masih hangat.

7.  Bawang Putih

Mungkin mulut Toppers bakal bau seharian setelah mengonsumsi ini. Tapi sebenarnya bawang putih adalah salah satu makanan paling ampuh untuk membasmi bakteri di tenggorokan.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan bawang putih:

Ambil dan kelupas 3-4 siung bawang putih dan hancurkan sampai berbentuk pasta.

Tunggu 10-15 menit supaya pasta bisa bereaksi dengan oksigen di udara dan teroksidasi untuk menghasilkan allicin. 

Makan pasta bawang putih dengan atau tanpa satu gelas air hangat.

Ulangi 2-3 kali per hari.

Jadi itulah 7 cara yang bisa Anda coba sebagai obat radang tenggorokan alami. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan herbal tersebut untuk pencegahan. Jauhi juga makanan yang terlalu berminyak dan saus tidak sehat ya!

You may also like...