Yuk, Kenali Mesin Pencari Selain Google Berikut Ini!

Dengan adanya internet, aktivitas dan pekerjaan seseorang dalam mencari sesuatu memang dimudahkan. Tinggal mengetikkan kata kunci di Google, maka sesuatu yang dicari bisa otomatis ditampilkan. Namun tahukah kamu, jika ada beberapa mesin pencari selain Google yang bisa dicoba? 

6 Mesin Pencari Selain Google yang Jarang Diketahui

1. Yahoo! Search

mesin pencari selain google

Penelusuran menggunakan Yahoo! search

Mungkin sudah terdengar tidak asing lagi. Yahoo merupakan salah satu mesin pencari selain Google yang juga mempunyai banyak layanan lainnya. Mesin pencari yang diciptakan sejak tahun 1995 ini memang menjadi saingan Google di awal 2000 an. 

Fitur-fitur lain seperti Mail, News, Finance, Sports, dan Answer bisa kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Saat ini, Yahoo! Sudah bekerja sama dengan Microsoft dan juga Bing yang akan memberikan hasil pencarian yang lebih relevan. Hal ini bisa kamu lihat dari berbagai kesamaan fitur Yahoo! 

2. DuckDuckGo

Mesin pencarian selain Google yang paling aman dan sederhana adalah DuckDuckGo. Sesuai dengan tagline yang dipasangnya, “Privacy, Simplified,” DuckDuckGo akan menjamin privasi data yang kamu berikan saat melakukan pencarian tidak akan terdeteksi oleh para pengiklan. Oleh karena itu, mesin pencari ini juga sangat diminati.

3. Bing

mesin pencari selain google

Bing yang tidak kalah populer dari Google

Mirip dengan Google, Bing menyediakan berbagai macam informasi yang bisa ditemukan dalam satu halaman. Seperti gambar, video, atau berita yang terkait dengan kata kunci yang sedang dicari. Jika melihat tampilannya, Bing ini mempunyai tampilan awal yang mirip dengan Yahoo! Search, dengan background yang tidak statis.

Mengingat jika Bing bekerja sama dengan Microsoft, kamu bisa menemukan berbagai keunggulan seperti dapat menemukan menu untuk mengakses program Microsoft. Seperti Outlook, MSN, maupun berbagai program Microsoft Office lainnya di halaman awal. Bing juga termasuk mesin pencari yang sangat populer selain Google. 

4. Yandex

Mesin pencarian selain Google berikutnya adalah Yandex. Mesin pencarian ini merupakan buatan Rusia pada 1997 dengan komitmen membantu konsumen menjalankan bisnis di dunia online maupun offline dengan lebih baik. Yandex menyediakan beragam fitur yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti Google.

Tidak hanya berfungsi sebagai mesin pencarian saja, nyatanya Yandex ini juga menampilkan layanannya di halaman awal mesin pencarian. Contohnya seperti gambar, video, email, peta, penerjemah hingga App Metica. Tentunya fitur ini  setara dengan Google Analytics.

5. Baidu

mesin pencari selain google

Digunakan secara luas di Cina, mesin pencari Baidu

Mesin pencarian ini sering kali disebut sebagai “Google-nya China.” Pasalnya, mesin pencarian Baidu ini telah menguasai lebih dari setengah market share yang ada di China sejak tahun 2008 lalu. Halaman pencarian Baidu menggunakan aksara Han (Hanzi). Sehingga sangat cocok bagi kamu yang sekaligus ingin belajar bahasa Cina. 

6. Swisscows

Jika kamu takut jika privasimu terbaca oleh Google, kamu bisa menggunakan Swiss Cows. Pasalnya, mesin pencarian ini berkomitmen untuk menjaga keamanan data dan privasi pengguna. Selain itu, Swiss Cows juga memperlengkapi website dengan penyensoran konten yang ketat sehingga aman untuk keluarga.

Swiss Cows juga dilengkapi fitur Swiss Cows Digest. Fitur ini bisa mengekstrak informasi dari sebuah artikel atau tulisan dan membaginya menjadi kata kunci dan paragraf-paragraf penting. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa memangkas waktu untuk menganalisis isi sebuah konten.

Itulah keenam mesin pencari selain Google yang bisa kamu coba. Selain mempunyai keunggulan masing-masing, tidak ada salahnya jika kamu mencobanya satu per satu dan mendapatkan pengalaman baru. Selamat mencoba! 

 

You may also like...