Obat Kaki Pecah Pecah dari Bahan Alami yang Berkhasiat dan Ampuh

Kaki pecah pecah adalah masalah yang sangat umum bagi segala usia. Tidak memandang tua, muda pun bisa terkena kondisi ini. Faktor cuaca, lingkungan, jenis sepatu, dan kelembaban adalah salah satu penyebab kaki pecah-pecah. Lalu, apa saja obat kaki pecah pecah dari bahan alami yang bisa dicoba?

6 Obat Kaki Pecah Pecah dari Bahan Alami

Tanda tumit kaki pecah pecah dimulai dari kulit mengelupas, bersisik, gatal, nyeri, bahkan bisa saja pendarahan dari celah-celahnya. Kaki pecah pecah sendiri, tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi yang mengalaminya. Untuk itu, atas kaki pecah dengan bahan alami berikut ini:

1. Lemon

Rendaman air lemon bisa membantu meredakan nyeri dari tumit kaki yang pecah pecah. Pastikan kamu merendamnya dengan air hangat. Kandungan air hangat akan melembabkan suhu normal kaki. Sedangkan kandungan asam dalam lemon dipercaya mampu menyingkirkan sel mati pada kulit. 

Rendam kaki dengan air hangat selama kurang lebih 10-15 menit. Pastikan air yang digunakan adalah air hangat, jangan air panas. Karena air panas justru akan membuat kaki bertambah kering. 

2. Air Mawar dan Gliserin

obat kaki pecah pecah

Mengobati Kondisi Kaki Pecah dengan Air Mawar

Campuran air mawar dan gliserin juga bisa meredakan tumit kaki yang perih akibat pecah pecah. Cukup oleskan campuran keduanya pada tumit kaki. Oleskan pada malam hari, dan tunggu satu malam. Ketika pagi hari, maka akan bangun dengan kondisi kaki yang sudah lebih baik. 

Kandungan gliserin dapat melembutkan kaki. Sedangkan air mawar yang mengandung vitamin A, B3, C, D dan E akan berperan sebagai antiseptik, antioksidan, dan anti radang. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

3. Minyak Sayur

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, minyak sayur juga bisa meredakan perih pada tumit kaki. Pemakaiannya pun cukup mudah. Tinggal oleskan pada tumit kaki yang bermasalah. Selain minyak sayur, juga bisa menggunakan olive oil, minyak kelapa atau minyak almond.

4. Tepung Beras dan Madu

obat kaki pecah pecah

Tepung Beras yang Berkhasiat

Sejak zaman dahulu, madu memang sering dimanfaatkan dalam usaha bidang kosmetik. Untuk mengatasi tumit pecah pecah, madu berfungsi sebagai pelembab kaki. Sehingga menetralkan suhu kaki. Sedangkan tepung beras yang bertekstur kasar sendiri membantu mengangkat sel mati pada kaki.

5. Cuka

Obat kaki pecah pecah yang bisa dicoba selanjutnya adalah cuka. Jenis cuka yang digunakan untuk obat ini bisa jenis apa saja. Ternyata, bumbu dapur yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati kaki pecah-pecah.

Cara yang ditempuh untuk menggunakan cuka sebagai obat kaki pecah juga cukup mudah. Cukup rendam kaki dengan air hangat yang sudah ditetesi sedikit cuka, dan biarkan beberapa saat. Kemudian gosok dengan batu apung agar kulit mati terangkat.

6. Pisang

obat kaki pecah pecah

Mengobati Kaki Pecah dengan Buah Pisang

Buah yang satu ini ternyata ampuh untuk menjadi obat mengatasi kaki pecah pecah. Kamu cukup mempersiapkan satu buah pisang. Haluskan menjadi seperti pasta lembut. Setelah itu, oleskan ke tumit kaki yang pecah-pecah. Diamkan selama 10-15 menit agar nutrisinya terserap sempurna.

Setelah itu, cuci kaki dengan air hangat. Lalu, rendam dengan air dingin selama 5-10 menit. Kamu bisa mencoba cara ini setiap hari dalam beberapa minggu untuk mendapat hasil yang memuaskan. Selain mudah untuk dilakukan, treatment menggunakan pisang juga sangat berkhasiat untuk dilakukan. 

Itulah 6 obat kaki pecah pecah alami yang bisa kamu gunakan. Perlu diingat bahwa kaki pecah disebabkan oleh banyak faktor seperti sepatu, kelembaban kaki, dan faktor cuaca. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit kaki supaya tidak terkena kaki pecah seperti ini ya!

You may also like...