Olahraga Saat Puasa ? Berikut adalah Tips-tipsnya

Olahraga saat puasa – Jangan jadikan ibadah puasa sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Justru pada saat bulan puasa Anda harus menjaga tubuh agar tetap fit dengan berolahraga. Namun, tentu saja porsi olahraga yang Anda lakukan di bulan puasa tidak seintensif saat bulan-bulan lainnya. Anda pun harus selektif dalam memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda.

olahraga saat puasa

Lalu, bagaimana cara olahraga saat puasa tanpa membuat tubuh lemas ? Cek dulu tips-tipsnya di bawah ini ya!

Tips-tips  Berolahraga Saat Puasa

  • Pilih Olahraga yang Sesuai Kemampuan

olahraga saat puasa

Tips olahraga waktu puasa selanjutnya adalah pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika biasanya Anda sering mencoba olahraga-olahraga ekstrem yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya, hindari dulu kebiasaan tersebut. Lakukan saja olahraga yang sudah biasa Anda lakukan.

  • Latihan beban

olahraga saat puasa

Kalau mendengar latihan beban, pasti kamu akan berpikir jika olahraga ini bisa menguras banyak energi dan saat berpuasa akan terganggu. Nah, agar tidak menguras banyak energi, pilihlah beban yang tidak terlalu berat. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban.

  • Yoga

olahraga saat puasa

Dilansir dalam laman Live Strong, yoga termasuk olahraga ringan karena tidak terlalu menguras energi. Berlatih yoga saat berpuasa mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar dan lebih rileks. Seperti yang kita tahu, latihan yoga berfokus pada teknik pernapasan yang otomatis menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan produksi hormon.

Tidak hanya itu, yoga membantu membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh. Bisa dipastikan olahraga ini tidak akan membuat Anda mudah lelah, karena yoga tidak akan membuat berkeringat banyak, sehingga Anda pun tidak akan merasa dehidrasi.

  • Memangkas Waktu Olahraga

olahraga saat puasa

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk berolahraga dalam satu hari? 90 menit, 60 menit, atau 30 menit? Memasuki bulan puasa, Anda harus memangkas waktu olahraga Anda sehari-hari. Jika biasanya Anda berolahraga selama 60 menit, saat sedang puasa Anda cukup berolahraga selama 45 menit saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh agar tidak terlalu letih.

  • Lakukan Olahraga Sebelum berbuka

olahraga saat puasa

Cobalah untuk ngabuburit dengan berolahraga. 1-2 jam sebelum waktu buka puasa tiba adalah waktu yang banyak dipilih oleh orang-orang yang sedang berpuasa untuk melakukan olahraga. Agar lebih seru, Anda bisa mengajak teman atau anak untuk berolahraga bersama. Olahraga yang biasa dilakukan sebelum waktu buka puasa adalah futsal, basket, atau golf.

  • Jalan Santai

olahraga saat puasa

Saat puasa hindari olahraga yang bisa membuat kamu mudah berkeringat. Nah, jalan santai adalah salah satu olahraga yang bisa kamu pilih. Dengan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama.

  • Pilihlah Tempat Olahraga yang Sejuk

olahraga saat puasa

Ketika Anda mau melakukan olahraga pada saat berpuasa carilah lokasi atau tempat yang sejuk, seperti pusat kebugaran, di bawah pohon yang rindang, dan tempat lain yang ber-AC. Tips ini dapat mencegah rasa haus yang berlebihan.

  • Jangan Jadikan Olahraga sebagai Kewajiban

olahraga saat puasa

Salah satu tips olahraga waktu puasa yang harus Anda lakukan adalah rileks dan santai. Nikmati setiap olahraga yang Anda lakukan. Jangan pernah merasa bahwa olahraga adalah sebuah kewajiban, karena hal tersebut bisa membuat Anda terbebani. Saat bulan puasa, Anda tidak perlu berolahraga setiap hari jika memang tidak mampu. Lakukan olahraga sebisa Anda, apakah itu 2 atau 3 hari sekali.

  • Perhatikan Asupan Makan

olahraga saat puasa

Jenis hidangan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka juga perlu diperhatikan. Selain waktu makan, porsi juga pasti berubah banget nih! Sebaiknya, selalu upayakan untuk mengkonsumsi hidangan yang mengandung gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, sampai dengan mineral. Supaya kebutuhan tubuh dapat terpenuhi semuanya.

Saat sahur, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan berserat supaya energi dalam tubuh tidak cepat habis. Untuk memenuhi kebutuhan protein, Anda bisa konsumsi ikan, daging, dan telur. Jadi, pastikan Anda bijak dalam memilih makanan saat bulan puasa.

  • Minum Air Putih yang Cukup

olahraga saat puasa

Asupan air putih untuk minum juga tidak kalah penting. Jangan sampai Anda dehidrasi karena olahraga saat puasa. Pastikan kamu minum sekitar 1,5-2 liter air putih setiap harinya. Atau Anda bisa minum dengan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas lagi sebelum tidur.

Demikianlah tips olahraga pada saat berpuasa. Tetaplah bersemangat untuk berolahraga walaupun sedang puasa agar tubuh tetap sehat, bugar, dan berat badan Anda juga tidak membengkak saat lebaran nanti. Ibadah puasa lancar, olahraga juga jalan terus!

You may also like...