Jangan Sampai Keliru, Kenali Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo

Bagi kamu pengguna kendaraan, pasti tidak asing dengan istilah pertalite, pertamax, dan pertamax turbo. Karena ketiga bahan ini digunakan sebagai bahan bakar kendaraan. Baik motor, maupun mobil. Namun, pada kesempatan ini kita akan membahas perbedaan pertamax dan pertamax turbo. Apa saja perbedaannya?

Kenali 4 Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo Berikut Ini

1. Bilangan Oktan

perbedaan pertamax dan pertamax turbo

Bilangan oktan yang dimiliki 2 jenis BBM ini juga berbeda

Perbedaan pertama dari kedua bahan bakar ini adalah bilangan oktannya, atau istilah lainnya Research Octane Number atau RON. Seperti yang kita tahu, belakangan ini Pertamina mengembangkan inovasinya dengan membuat pertamax turbo. Jika sebelumnya, pertamax hanya memiliki RON 95, tidak untuk pertamax turbo.

Pada pertamax turbo, Pertamina menambahnya dan berada pada angka 98. Peningkatan bilangan oktan alias RON ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap tekanan pada mesin. Khususnya untuk membakar bahan bakar minyak menjadi tenaga untuk menggerakkan kendaraan bermotor. 

Tentunya, semakin tinggi bilangan oktan maka tekanan yang dilakukan pada mesin akan berkurang. Dalam hal ini bisa mengurangi risiko kerusakan mesin. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu ingin memperpanjang masa mesin dengan rutin mengisi bahan bakar jenis pertamax turbo.

2. Ignition Boost Formula(IBF)

Perbedaan kedua dari jenis bahan bakar ini adalah terletak pada IBF atau kepanjangan dari Ignition Boost Formula . Mungkin, bagi sebagian orang akan merasa asing dengan istilah ini. IBF ini sendiri adalah sebuah formula terkini yang bisa membuat pembakaran bahan bakar minyak menjadi lebih optimal.

Dengan begitu, jika kamu menggunakan pertamax turbo ini maka akselerasi, kecepatan, dan daya tahan mesin jadi lebih baik. Hal inilah yang menjadi pembeda menonjol antara pertamax dengan pertamax turbo. Pasalnya, pertamax turbo sudah menggunakan IBF, sedangkan pertamax tidak demikian.

3. Dari Segi Warna

perbedaan pertamax dan pertamax turbo

Warna dari kedua jenis petamax ini juga berbeda

Perbedaan dari pertamax dan pertamax turbo selanjutnya juga bisa dilihat secara gamblang melalui warnanya. Saat kita membeli bensin, pasti akan menemukan warna-warna yang berbeda. Mulai dari hijau, kuning, biru, hingga merah. Ternyata, Pertamina sengaja memberi warna berbeda agar memudahkan pembedaannya.

Pertamax dan pertamax turbo ternyata juga mempunyai warna yang berbeda. Meskipun nama keduanya hampir sama. Jika pertamax biasa memiliki tampilan warna biru, maka pembaruannya, yakni pertamax turbo memiliki warna merah.

4. Dari Segi Harga

Gambar 4

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi harga. Melihat dari penjelasan diatas, pastinya sudah jelas jika pertamax turbo memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan pertamax biasa. Itulah mengapa kedua bahan bakar dengan nama serupa tapi tak sama ini memiliki harga yang berbeda.

Pertamax turbo hadir dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pertamax biasa. Meskipun demikian, selisih yang ditawarkan keduanya tidak jauh berbeda. Jika pertamax biasa dibanderol Rp 9.000 per liter, maka pertamax turbo dibandrol dengan harga Rp 9.850 per liter.

Dengan selisih harga kurang dari Rp 1000 perak ini, mana yang akan kamu pilih? Tidak masalah jika harus mengeluarkan sedikit lebih banyak. Namun bisa memperpanjang masa mesinmu daripada harga yang di bawahnya namun tidak menjamin kualitas mesin kendaraanmu.

Itulah empat perbedaan antara pertamax dan pertamax turbo. Jangan sampai salah lagi mengenali keduanya. Meskipun memiliki nama depan yang sama, tetap saja kedua bahan bakar ini memiliki perbedaan.

 

You may also like...