Tips Hemat Listrik yang Efektif Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak

Pemakaian peralatan elektronik memang tidak bisa kita pisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak jarang hal ini membuat tagihan listrik menjadi naik. Untuk itulah diperlukan tips hemat listrik yang efektif agar pemakaian elektronik tetap lancar, namun tagihan tidak terlalu membengkak. 

Terapkan 5 Tips Hemat Listrik Berikut Ini

1. Gunakan Sistem Pulsa

tips hemat listrik

Menggunakan metode pulsa listrik bisa lebih berhemat

Pemerintah Indonesia sudah menggalakan sistem baru dengan menerapkan pembayaran token listrik menggunakan pulsa bagi setiap rumah. Dengan program ini, penggunaan listrik di setiap rumah bisa ditentukan sendiri oleh pengguna. Jumlah token itulah yang akan digunakan untuk penggunaan listrik harian. 

Dengan adanya peraturan baru ini tentunya bisa menjadi langkah awal untukmu agar bisa menghemat listrik. Meskipun di awal-awal, kesannya terkurung karena tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya, namun seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa. Tagihan juga akan lebih ringan 

2. Nyalakan Lampu Secukupnya

Salah satu kebiasaan yang sering diabaikan adalah lupa mematikan lampu meskipun sudah siang. Efek karena enak rebahan atau terlalu sibuk, jadi lupa untuk mematikan lampu. Padahal, menyalakan lampu terus-menerus tanpa mengenal waktu juga bisa menjadi salah satu penyebab listrik di rumah mengalami pembengkakan .

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mematikan lampu setelah tidak digunakan. Lebih baik buka jendela dan gunakan sinar matahari sebagai penerang alami, jika memang benar-benar membutuhkan pencahayaan. Dengan tindakan ini, kamu bisa menghindari kegiatan menghidupkan lampu terus-menerus.

3. Cabut Charger setelah Tidak Digunakan

tips hemat listrik

Jangan lupa cabut charger jika tidak digunakan

Salah satu kebiasaan yang sering diabaikan adalah meninggalkan charger yang masih terhubung ke stop kontak. Padahal, hal ini bisa menjadi salah satu faktor listrik mengalami pembengkakan biaya. Tips untuk menghemat listrik dalam kasus ini adalah pastikan kamu sudah melepas semua charger yang sudah tidak terpakai lagi dari stop kontak.

Karena charger yang masih tersambung ke stop kontak masih dapat aliran listrik, sehingga dalam hal ini kamu sudah menyia-nyiakan listrik tanpa dipakai. Sayang, kan uangnya jadi tidak bisa digunakan berhemat. Maka dari itu jangan lupa untuk mencabut semua charger kamu ya! 

4. Bijaklah Menggunakan AC atau Kipas Angin

Alasan karena gerah, mungkin sudah biasa terdengar, sehingga masyarakat menyalakan perangkat AC setiap saat. Namun, tahukah kamu AC yang terus-terusan dihidupkan juga akan mempengaruhi pembengkakan tagihan listrik. Untuk meminimalisir hal ini, tidak ada salahnya kan jika kamu membuka kusen jendela. 

Selain bisa menghemat, kamu juga bisa memiliki kepekaan tersendiri terhadap lingkungan. Apalagi di masa pandemi seperti ini, tidak ada salahnya jika kamu merefresh penglihatanmu dengan melihat pemandangan alam. Batasi penggunaan kipas angin dan AC secara bijak, maka tagihan listrikmu juga bisa dihemat! 

5. Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

tips hemat listrik

Pilihlah mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan

Mencuci menggunakan bantuan mesin cuci memang membutuhkan waktu yang lama. Hal ini juga pastinya akan mempengaruhi listrik rumahmu. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih mesin cuci sesuai kebutuhan. Jangan membeli mesin cuci dengan daya yang tinggi padahal banyak baju yang setiap harinya kamu perlukan tidak sebanyak itu.

Dengan mempertimbangkan hal seperti ini, kamu bisa lebih mengatur keuangan dan kebutuhan listrik. Sehingga dalam penggunaannya tidak akan ada istilah boros listrik. Pasalnya, semua hal sudah dipikirkan dengan matang. 

Itulah lima tips yang bisa kamu gunakan untuk menghemat listrik. Jangan pernah berlebihan dalam memanfaatkan teknologi, karena pada dasarnya sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Semoga tips hemat listrik ini bermanfaat, selamat mencoba! 

 

You may also like...