Tips Membuat Kemasan Produk Agar Omset Melejit

Membuat kemasan produk sebaik mungkin adalah hal mutlak untuk produk usaha. Pasalnya, penampilan menjadi aspek yang paling mempengaruhi psikologi dan keinginan konsumen. Dengan kemasan produk yang baik, penjualan yang tinggi juga bisa diraih dengan mudah. Inilah tips membuat kemasan produk yang bisa dicoba. 

5 Tips Membuat Kemasan Produk yang Siap Membuat Omset Melejit

1. Gunakan Desain yang Sederhana

membuat kemasan produk

Jangan menggunakan desain yang terlalu rumit

Tips pertama ini harus benar-benar kamu perhatikan. Pasalnya, banyak sekali produk yang memiliki desain atau logo yang terlalu rumit, sehingga memberi kesan bingung pada konsumen. Untuk itu, buatlah desain kemasan produk yang mudah dibawa dan juga lebih mencuri hati konsumen.

Alangkah baiknya jika kamu membuat segmentasi pasar, atau menentukan siapa target konsumen terlebih dahulu. Jika kamu mengincar konsumen anak milenial, kamu bisa membuat kemasan unik yang instagramable atau yang lagi marak diminati. Sehingga mendorong keinginan beli yang tinggi terhadap produk kamu.

2. Kolaborasikan Warna yang Memikat

Setelah membuat desain sederhana, langkah kedua adalah memastikan jika perpaduan warna yang dipilih telah tepat. Sebelum memberi warna, kamu bisa mengadakan riset terlebih dahulu pada kompetitor produk serupa. Perhatikan warna produk yang mereka gunakan, dan mulailah untuk menentukan warna berbeda 

Memilih warna cerah dan mencolok bisa menjadi opsi agar pelanggan tertarik dengan kemasan produk yang unik. Selain itu, membuat kemasan produk dengan warna cerah juga mempengaruhi nilai estetika ketika produk kita di pajang di sebuah rak maupun etalase toko. Hal ini juga akan mencuri minat pelanggan terhadap produk.

3. Manfaatkan Gambar Lucu yang Menarik

membuat kemasan produk

Tambahkan dekorasi gambar yang unik dan menarik

Agar kemasan produk menjadi unik, tidak ada salahnya jika kamu juga menambahkan sebuah gambar yang bisa menjadikan produk terkesan lebih hidup. Pasalnya, orang Indonesia cenderung lebih mudah menerima sesuatu yang berbau visual. Oleh karena itu, menambahkan suatu gambar bisa menjadi trik jitu menarik minat pembeli.

Kamu bisa memilih gambar apa saja yang akan dipasang dalam produk. Gambar tidak harus berkaitan dengan produk, misal saja kamu bisa menambahkan gambar karikatur, tokoh jenaka yang lagi viral, atau gambar menarik lainnya yang secara tidak langsung masih terikat dengan pencitraan produk tanpa memberi kesan kaku.

4. Tambahkan Data Legalitas Pemerintah

Salah satu hal yang paling penting dalam sebuah kemasan produk adalah legalitas dari lembaga pemerintahan. Tentunya yang memang berwenang dengan produk. Contoh yang bisa dicantumkan dalam produk adalah dari badan pengawas makanan dan obat, dinas kesehatan, maupun sertifikasi halal. 

5. Pilih Kemasan dengan Bahan Berbeda

membuat kemasan produk

Buat inovasi dari bahan kemasan

Tips terakhir yang bisa kamu gunakan untuk produk selanjutnya adalah pilihlah bahan dengan kemasan yang berbeda dan terjangkau. Sebagai alternatif, kamu bisa memakai bahan packaging dari kertas daur ulang ataupun bahan lainnya. Selama hal tersebut aman dan tidak mempengaruhi kualitas produk.

Menggunakan kemasan ini, produk akan memiliki keunggulan tersendiri. Seperti dikenal sebagai produk yang ramah lingkungan, memiliki harga yang lebih ekonomis dibanding produk pesaing. Serta memiliki keunikan tersendiri mengingat tekstur bahan ulang cenderung berbeda dari bahan lain pada umumnya.

Itulah kelima tips yang bisa kamu pakai untuk membuat kemasan produk yang efektif menarik pembeli. Buatlah konsumen jatuh cinta pada pandangan pertama begitu melihat produk kita. Untuk itu, pandai-pandailah untuk menciptakan sebuah kemasan unik yang membuat konsumen melirik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

You may also like...